OLSN Ajang Menyalurkan Kreativitas Pelajar

0
127

BNews- MUNGKID– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang kembali menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) tingkat SMPNegeri dan Swasta, kemarin. Melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar bisa menyalurkan kreativitas sesuai dengan keinginannya.

Sebanyak 12 jenis lomba FLS2N dan 3 jenis Lomba OLSN ini menjadi ajang penyaringan peserta lomba untuk diajukan ke tingkat provinsi. FLS2N sendiri jenis lombanya yakni Lomba Musik Tradisional, Kreativitas Tari, Gitar Solo, Menyanyi Solo, Cipta dan Baca Puisi, Seni Baca Al-Qur’an, Seni Lukis, Desain Motif Batik, Seni Kriya, Desain Poster, Cipta Lagu dan Vokal Group.

Sedangkan untuk OLSN sendiri jenisnya yakni Cipta Cerpern Bahasa Indonesia, Story Telling dan Debat Bahasa Indonesia. Ratusan siswa-siswi dari SMP Negeri dan Swasta dengan berbusana dan riasan unik memadati area Pemda Magelang hari ini yang terpusatnya dan pembukaan acara di GOR Gemilang.

Haryono Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang yang dihubungi melalui telpon menerangkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan apresiasi seni dan pendidikan karakter anak. “ Selain soal apresiasi seni juga untuk menyaring peserta untuk diajukan ke tingkat provinsi, dan jika berhasil lolos akan mengikuti yang tingkat nasional,” katanya.

“Alhamdulillah belajar dari tahun-tahun kemarin banyak peserta dari berbagai bidang perlombaan banyak yang lolos ke tingkat nasional dan memperoleh juara tingkat nasional, antara lain lomba seni kriya dan Debat Bahasa Indonesia,” pungkasnya.

Salah satu juri dan koordinatir lomba Cipta dan Baca Puisi Supriyanto menambahkan kali ini yang mengikuti lomba ini sebanyak 119 siswa dari 119 SMP Negeri maupun Swasta. “Tidak semua sekolahan mengirimkan perwakilan sisa untuk mengikuti semua jenis perlombaan, pastinya di sesuaikan kemampuan dan bakat siswa yang sekolahan miliki,” imbuhnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here