One Day Tour De Merapi Upaya Pemerintah Tingkatkan Promosi Wisata Lereng Merapi Magelang

0
270
WISATA: Pasukan Digital Wisata Magelang ikut dalam acara One Day Tour De Merapi saat di area tugu soeharto Jurang Putih Kali Putih Srumbung Magelang (30/4)--(Foto-- GenPI Magelang)
WISATA: Pasukan Digital Wisata Magelang ikut dalam acara One Day Tour De Merapi saat di area tugu soeharto Jurang Putih Kali Putih Srumbung Magelang (30/4)--(Foto-- GenPI Magelang)

BNews—MUNGKID— One Day Tour De Merapi oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Magelang mengajak para pegiat wisata di Magelang untuk berkeliling di beberapa obyek wisata di lereng merapi (30/4). Acara diikuti oleh pegiat Pesona Magelang, Generasi Pesona Indonesia Magelang (GenPI) , Persatuan Wartawan Indonesia Magelang (PWI), PHRI, dan Magelang Jepp Community.

 

Dengan mengendari sebanyak 20 unit kendaraan jeep off road peserta berangkan dari kantor Disparpora Kabupaten Magelang offroad menuju kawasan lereng merapi daerah Kecamatan Srumbung dan Kecamatan Dukun. Dengan rute awal menuju lokasi Tugu Soeharto kawasan Jurang Jero Kali Putih Srumbung, dan offriad sungai blongkeng menuju Komplek Pembibitan Randu Ijo untuk makan siang.

WISATA: Jeep Saat berada di Sabo Dam Tugu Soeharto (30/4)--(Foto--GenPI Magelang)
WISATA: Jeep Saat berada di Sabo Dam Tugu Soeharto (30/4)–(Foto–GenPI Magelang)

Setalah melakukan makan siang peserta diajak menyusuri alam pedesaan di Desa tertinggi Kecamatan Dukun yakni Ngargomulyo untuk menuju ke Candi Asu dan Pendem di Dusun Candi Ngisor Desa Sengi Kecamatan Dukun. Selanjutnya peserta diajak off road kembali di alur sungai senowo dengan medan yang cukup menantang untuk menuju ke obyek wisata Puncak Gununggono Desa Banyubiru Kecamatan Dukun.

 

Di Desa Wisata Banyubiru ini peserta diajak menikmati sejuknya dan indahnya pemadangang gunung merapi dan merbabu dan mengunjungi salah satu dusun sentral UMKM di Gadingan Desa Banyubiru. ROmbongan ini berakhir di Dusun Salaman Desa Banyubiru untuk makan sore dengan suasana pedesaan dipinggir sawah dan melakukan petik buah jambu Kristal disana.

WISATA : Para Peserta didepan kantor Disparpora Kabpaten Magekang  saat akan berangkat one day tour De Merapi (30/4)--(Foto--GenPI Magelang)
WISATA : Para Peserta didepan kantor Disparpora Kabpaten Magekang saat akan berangkat one day tour De Merapi (30/4)–(Foto–GenPI Magelang)

Ikut dalam rombongan tersebut Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang, Edi Susanto, yang menyampaikan bahwa kegiatan One Day Tour tersebut merupakan acara rutin tahunan oleh Disparpora Kabupaten Magelang. “Ini sudah tahun kedua, yang tahun kemarin kita laksanakan di lereng gunung sumbing dan menorah menggunakan kendaraan VW dan untuk tahun ini kea rah lereng merapi menggunakan jeep,” katanya.

 

“Dan acara one day tour ini juga sebagai salah satu langkah pemerintah untuk mengeksplor potensi wisata di wilayah Kabupaten Magelang bersama para komunitas-komunitas pariwisata Magelang, sehingga dapat membantu dalam promosi wisata dan membawa wisatawan masuk ke Kabupaten Magelang,” imbuhnya.

WISATA: Jeep saat akan melakukan off road dialur kali senowo (30/4)--(Foto--GenPI Magelang)
WISATA: Jeep saat akan melakukan off road dialur kali senowo (30/4)–(Foto–GenPI Magelang)

Edi juga menambahkan, beberapa komunitas yang ikut dalam acara ini kedepan bisa saling bersinergi dalam membangun wisata di Kabupaten Magelang. “Jika semua pegiat wisata bisa saling bersinergi dapat membuat banyak paket wisata menarik di Magelang dan akan memancing wisatawan hadir kesini,:” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here