Operasi Pencarian Korban Tubing Dihentikan

0
55

 BNews–TEGALREJO– Kegiatan operasi pencarian Azis Muslim, warga Dusun Banyurip I, Desa Banyuurip Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang oleh tim gabungan resmi dihentikan. Meski demikian, tim tetap melakukan pemantauan di sejumlah titik.
      “Operasi pencarian resmi dihentikan,” demikian rilis Basarnas Jawa Tengah kepada borobudurnews.com.
       Humas Basarnas Jateng Kantor SAR Semarang Maulana Affandi upaya pemantauan di sungai Sono, Elo dan Progo Wilayah Magelang telah diserahkan kepada BPBD Kabupaten Magelang. Begitu juga untuk titik di wilayah DIY telah diserahkan kepada SAR DIY. Kendati demikian pihaknya tetap intensif melakukan koordinasi.
      “Kami imbau masyarakat di bantaran sungai serta komunitas rafting apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban untuk segera melapor ke tim SAR,: ujar Affandi.
     Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edi Susanto menjelaskan upaya pencarian digeser dari penyisiran menjadi pemantauan di sejumlah titik mulai dari titik 0 sungai Sono, Elo, Progo hingga pantai Trisik Kulonprogo.
       “Mulai Minggu (5/3/2017) kami mulai memantau titik-titik yang diperkirakan dilewati korban hanyut, mulai dari titik 0 sungai Sono, jembatan Canguk hingga muara sungai Elo dan Progo di pantai selatan,” jelas Edi.
      Adapun tim yang terlibat upaya pencarian tersebut masih sama, meliputi relawan BPBD Kabupaten Magelang, SAR Magelang, SAR DIY, SAR Semarang, komunitas rafting, komunitas relawan Magelang, dan warga sekitar sungai Elo dan Progo. Jumlah relawan mencapai 400 orang
         “Prinsip safety first karena usia jenazah sudah 4 hari. Kami tidak menerjunkan perahu karet seperti sebelumnya tapi kami tetap siaga jika sewaktu-waktu diperlukan,” sebut Edi.
     Edi melanjutkan, posko pencarian yang sebelumnya didirikan di Dusun Sorobayan, Desa Banyuurip, juga telah dipindah ke kantor BPBD Kabupaten Magelang di Jalan Soerkarno-Hatta, Desa Sawitan.(bn1/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here