Pajak Pasir Dinaikkan, Begini Tanggapan Sopir Truk

0
90
TAMBANG : Rapat pembahasan tentang pajak tribusi pasir (22/12)--(Foto-rth)
TAMBANG : Rapat pembahasan tentang pajak tribusi pasir (22/12)--(Foto-rth)

BNews–MUNGKID– Pemerintah Kabupaten Magelang menggelar acara Sosialisasi Penetapan Besaran Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan (MBLB), Sabtu (22/12). Sosialisasi juga turut dihadiri Wakil DPRD Kabupaten Magelang, DISHUB Kabupaten Magelang, Kasat Lantas, perwakilan seluruh Kecamatan, serta Pelaku Penambang MBLB.

Sesuai Surat Keputusan Gubernur Jawa tengah nomor 543/45 Tahun 2018, tentang patokan harga pasar MBLB pemerintah Provinsi telah memutuskan harga patokan MBLB sebesar Rp 91.000, . Harga patokan tersebut telah mengalami penurunan, yang pada tahun 2017 sebesar Rp. 125.000,.

Sementara itu menurut perundang undangan, besaran pajak MBLB ditentukan oleh pemerintahan daerah, Dalam hal ini Pemkab Magelang mengeluarkan peraturan daerah besaran Pajak MBLB sebesar 25%. Sehingga apabila dihitung dengan volume angkut x Harga Patokan x 25%, besar pajak yang dibebankan kepada angkutan Tronton : Rp. 305.850, Engkel : Rp. 218.400, Colt Diesel : Rp. 109.200.

Menanggapi kenaikan pajak MBLB tersebut ketua Merapi Trans Comunity Magelang Nida Nur Affandi, menyampaikan kenaikan pajak sebaiknya secara bertahap. “Kami mendukung kenaikan pajak karena untuk pendapatan daerah tapi baiknya kenaikannya bertahap, dan seharusnya kenaikan pajak harus yang masuk akal agar bisa jalan semua,” katanya.

Senada dengan yang dikatakan nida, Ketua Asosiasi Pengemudi Indonesia Jawa tengah Suroso mengatakan, kenaikan pajak seharusnya masuk akal agar ekosistem pertambahan dapat berjalan lancar. “Pajak harus masuk akal, dalam penentuan pajak juga seharusnya mengajak pelaku penambang untuk duduk bersama,” imbuhnya.

“Perlu adanya mediasi duduk bersama antara pemerintah, masyarakat serta pelaku penambang agar dapat diputuskan pajak yang sesuai, kami akan terus berhubungan dengan pemerintah tentang pajak ini untuk mengindari hal hal yang tidak diinginkan seperti tahun lalu,” pungkasnya. (rth-bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here