Panwascam Kaliangkrik Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Ruang Publik

0
54
PELANGGARAN : Anggota Panwascam Kaliangkrik bersama Panwasdes saat mengesekusi pelanggaran APK yang berada di fasilitas publik (16/6)-- ( Foto--Istimewa)
PELANGGARAN : Anggota Panwascam Kaliangkrik bersama Panwasdes saat mengesekusi pelanggaran APK yang berada di fasilitas publik (16/6)-- ( Foto--Istimewa)

BNews—KALIANGKRIK—Tahapan kampanye Pilkada 2018 memang sudah sedang berlangsung. Beberapa Alat Peraga Kampanye sudah mulai terpasang, namun Panwascam Kaliangkrik menemukan beberapa APK terpasang di prasarana Publik yang dilarang undang-undang.

 

Ketua Panwascam Kaliangkring Kabupaten Magelang, Salman Yunanto menerangkan di wilayah Kecamatan Kaliangkrik terdapat APK bergambar pasangan calon (paslon) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah  terpasang dibeberapa titik prasarana publik. “Kami bersama jajaran kepolisian Polsek Kaliangkrik Polres Magelang mencopot APK tersebut karena tertempel di fasilitas public atau umum yang tidak seharusnya atau dilarang dalam undang-undang,” katanya disela sela pelepasan APK siang tadi (16/4).

 

APK tersebut melanggar karena sebagian besar dipasang di tempat-tempat publik seperti tempat pendidikan, jembatan, dan fasilitas publik lainnya. “Fokus penertiban pamflet, poster, dan spanduk tidak berizin yang berbau kampanye, Ada puluhan yang kita amankan dari dua desa yaitu Ngawonggo dan Kaliangkrik,” imbuhnya.

PELANGGARAN : Sejumlah panvlet APK salah satu pasalon yang tertempel di tembok sekolahan di Kecamatan Kaliangkrik (16/4)--Foto--Istimewa)
PELANGGARAN : Sejumlah panvlet APK salah satu pasalon yang tertempel di tembok sekolahan di Kecamatan Kaliangkrik (16/4)–Foto–Istimewa)

Dia juga mengapresiasi langkah tim sukses yang memberi respons cepat dalam menangani masalah semacam ini. “Saya yakin (pemasangan APK) itu sebenarnya oknum atau pihak ketiga, Sebelum penertiban kami juga aktif melakukan konsultasi ke Panwaskab, maupun koordinasi horisontal dengan tim sukses. Mereka justru mendukung jika kita melakukan penertiban,” tuturnya.

 

Sementara Komisioner Panwascam Kaliangkrik lainnya yakni  Divisi Penindakan Pelanggaran, Tri Agus Setia Wibowo menambahkan, selama ini pihaknya cukup getol dalam menggelar koordinasi baik secara vertikal maupun horisontal. “Adanya penertiban APK ilegal tersebut, juga dalam rangka Panwascam memberi edukasi kepada masyarakat Kaliangkrik soal peraturan dalam pilkada,” katanya.

 

“Kita ingin terwujud pilkada yang damai, adil, dan berkualitas di Kaliangkrik dan Kabupaten Magelang. Sekaligus memberikan pemahaman kepada warga bahwa kampanye, alat peraga, dan sebagainya itu boleh dipasang, dipublikasikan, asalkan sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here