Panwaskab Magelang Sediakan Pendopo Pengawasan

0
344
PENDOPO POJOK : beberapa komisioner panwascam berfoto bareng bersama Bawaslu Prov Jateng,Panwaskab Magelang dan Ketua KPUD Kab Magelang (21/12)--(Foto--istimewa)
PENDOPO POJOK : beberapa komisioner panwascam berfoto bareng bersama Bawaslu Prov Jateng,Panwaskab Magelang dan Ketua KPUD Kab Magelang (21/12)--(Foto--istimewa)

BNews—MUNGKID– Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaskab) Magelang resmi memiliki Pendopo Pengawasan. Bangunan tersebut diresmikan langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Fajar Saka hari ini (21/12).

 

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang turut hadir Fajar Saka menilai, Pendopo Pengawasan ini sangat representatif untuk kegiatan kemasyarakatan. “Kendati nama Pusat Pengawasan diberbagai daerah bervariatif, saya mengingatkan agar tetap satu tujuan,”katanya.

Pendopo ini nantinya menjadi Pojok Pengawasan ini diharapkan mampu menjadi ruang diskursus, diskusi dan eduksi pengawasan partisipatif yang terbuka untuk masyarakat dan mahasiswa.” ”Pojok Pengawasan harus menjadi titik kumpulnya para aktivis kepemiluan, pihak-pihak yang memiliki kepedulian terhadap proses kepemiluan. Silakan saja kesini bagi yang berkeinginan diskusi soal  kepemiluan dan pengawasan,”imbuhnya.

Acara ini berlangsung seerhana dengan dihadiri seluruh Komisioner Panwascam dari 21 Kecamatan di Magelang. Mereka berbalutkan busana adat jawa serta beberapa komisioner ikut mengisi acara dengan tarian khas  Magelang yakni soreng serta Teaterikal dengan tema menolak money politik.

Ketua Komisioner Panwaskab Habib Shaleh menjelaskan bahwa tidak hanya berpikir bagaimana melakukan kegiatan dalam RAB saja . “ Kita juga harus melakukan terobosan dan kegiatan kreatif dalam kaitan pengawasan serta pencegahan pelanggaran pemilu,” katanya.

Habib menjelaskan, nama pendopo dipilih lantaran memiliki makna di tengah-tengah ruangan. “Dalam tradisi Jawa, pendopo merupakan tempat yang istimewa dan ruang terbuka., dimana antara pemilik rumah dengan tetangga, keluarga dan masyarakat bisa berkumpul dan bertemu.,”pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here