Parita Suci Iringi Penyemayaman Air Suci di Candi Mendut

0
59

BNews–MUNGKID– Air suci dari Umbul Jumprit Temanggung disemayamkan di Candi Mendut, sore ini. Prosesi penyemayaman diikuti oleh ratusan jemaah dan dipimpin oleh para bikhu dari berbagai sangha.

Air yang dibawa sebanyak 12 ribu botol. Air yang melambangkan kebersihan dan keberkahan bagi umat ini akan disemayamkan selama dua hari sebelum nantinya diarak ke Candi Borobudur.

Ratusan umat yang menyambut kedatangan air suci tersebut. Air kemudian disemayamkan di altar Buddha yang didirikan di bawah kaki Candi Mendut.

Sejumlah sangha kemudian bergantian melantunkan doa dan Parita Parita suci. Diantaranya Sangha Teravada, Mahayana, Tantrayana, Madhatantri, Mahanikaya, Majelis Tridharma, Kasogatan, dan Majelis Mapanbumi.

Ketua Dewan Kehormatan Sangha Walubi Biksu Tadisa Paramita Mahastavira  mengatakan ar menjadi lambang kebersihan dan kesuburan, menjadi berkah bagi umat. Juga salah satu simbol kerendahan hati. “Agar kita sebagai umat manusia senantiasa menjaga sikap kerendahan hati dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Setelah para biksu sangha Walubi secara bergiliran mendaras doa di depan altar, mereka dengan diikuti umat melakukan pradaksina di Candi Mendut sebanyak tiga kali putaran. Air suci kemudian disemayamkan di candi Buddha tertua itu. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here