Patung Megah Berdiri di Kedung Kayang Ini Penjelasannya

0
384
PATUNG : Sebuah patung cikal bakal Desa Wonolelo berdiri megah di perempatan jalan raya Magelang-Boyolali Dusun Wonolelo Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan (30/4)--(Foto--Istimewa)
PATUNG : Sebuah patung cikal bakal Desa Wonolelo berdiri megah di perempatan jalan raya Magelang-Boyolali Dusun Wonolelo Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan (30/4)--(Foto--Istimewa)

BNews—SAWANGAN—Ada yang baru di daerah obyek wisata air terjun Kedung Kayang Di Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Bukan spot foto di atas pohon namun sebuah patung megah berdiri di depan pintu masuk obyek wisata ini.

Patung Bongsodrono dengan tinggi dua meter ini dipasang di perempatan jalan raya Magelang-Boyolali depan pintu masuk obyek wisata. “Patung Bongsodrono ini merupakan sebuah patung yang merupakan tokoh cikal bakal Dusun Wonolelo,” ungkap Kepala Desa Wonolelo, Pomo (30/4).

Tokoh Bongsodrono sendiri merupakan kerabat dari keraton Mangkunegara Surakarta yang berhijrah ke Desa Wonolelo karena terjadi gesekan di Keraton kala itu tahun 1850 Masehi. “Bongsodrono ini berhijrah kesini dan menetap sehingga menjadi lurah kala itu tahun 1872 Masehi dan meninggalkan banyak keturunan yang saat ini tinggal di beberapa wilayah seperti Wonolelo sendiri, Banyuroto dan Wulunggung Kecamatan Sawangan serta di daerah Pogalan Kecamatan Pakis,” terang Pomo.

Sebelumnya patung ini diarah oleh ratusan masyarakat Wonolelo dari daerah Pasturan Muntilan menuju lokasi pemasangan dengan tradisi jawa. Tokoh Desa, Tokoh Masyarak dan Pemuda turut memeriahkan acara pemasangan ini (30/4).

Pomo juga menambahkan, bahwa pemasangan patung ini merupakan sebagai pengingat anak cucunya atas perjuangannya melawan penjajah kala itu. “Ini untuk pengingat bukan untuk disembah,” tegasnya.

“Saya berharap dengan keberadaan patung ini bisa melanjutkan sejarah keberadaan masyarakat wonolelo, dan sebagai daya Tarik wisatawan untuk datang ke Obyek Wisata Air Terjun Kedung Kayang,” tandasnya.

Patung ini kini berdiri tegak di perempatan jalan tersebut. Dilingkari oleh kolam dan air mancur yang menambah daya Tarik masyarakat untuk melihatnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here