PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Kirim Peserta ke Latgab Mitigasi Bencana MDMC

0
212
MITIGASI : Ketua MDMC Jawa Tengah Naibul Umam Eko Sakti (Foto-Istimewa)
MITIGASI : Ketua MDMC Jawa Tengah Naibul Umam Eko Sakti (Foto-Istimewa)

BNews—MUNGKID— Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang kirim 23 peserta ikuti Latihan Gabungan Bencana di Cilacap (27/9). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah yang diikuti peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

 

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari yakni 28-30 September. “Kegiatan ini diharapkan menambah kemampuan MDMC Kabupaten Magelang dalam melakukan proses mitigasi bencana, khususnya Merapi kalau di Kabupaten Magelang,” ungkap Sapari salah satu peserta dari MDMC Kabupaten Magelang.

 

Sementara Ketua MDMC Jawa Tengah Naibul Umam Eko Sakti mengatakan bahwa materi dalam Latgab nantinya antara lain adalah manajemen pos koordinasi (posko) bencana, dapur umum, logistik serta teknik evakuasi dan penyelamatan korban. “Bukan hanya itu, kami nantinya akan berikan pelatihan juga dalam melakukan pertolongan pertama, pembuatan hunian sementara (huntara), pendampingan psikososial dan penyedian data informasi (media center),” katanya.

 

Untuk peserta pelatihan merupakan Perwakilan dari unsur MDMC kabupaten/ kota, ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, ‘Nasyiatul ‘Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan Hizbul Wathan.

 

“Nantinya para relawan inisetelah mendapat pelatihan diharapkan mampu  meningkatkan kapasitas dan profesionalisme melalui uji pengetahuan serta ketrampilan dalam sebuah pelatihan bersama secara periodik, dengan pelatihan ini maka semangat One Muhammadiyah One Respon yakni terlibatnya semua unsur dalam organisasi untuk melakukan proses penanggulangan bencana akan mampu dikelola dengan baik, efisien, efektif, dapat dipertanggungjawabkan serta bisa berjalan dengan tuntas hingga masa rehabilitasi dan rekonstruksi,” pungkasnya.(bsn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here