Pelaku Vandalisme “Bindhit Boneeto” Dibimbing Ngaji

0
125

BNews–MUNTILAN– Aksi Vandalisme yang dilakukan dua pemuda dengan identitas Bindhit Boneeto berakhir sudah. Sejumlah nitizen yang tergabung dalam grup Kota Muntilan dibantu warga berhasil menangkap pelaku yang masih berstatus pelajar SMK ini.
 Pelaku dengan berinisial LF dan YL berusia 16 tahun warga Srumbung Kabupaten Magelang. Mereka sudah beraksi di sejumlah tempat dengan menuliskan Bindhit Boneeto. Terakhir yang membuat mereka tertangkap adalah aksi vandalisme mereka di  Komplek Masjid Sarbini Dusun Jumbleng Desa Taman Agung pada 22 Februari 2017 yang lalu.
    Apresiasi positif perlu diberikan kepada Nitizen Kota Muntilan dan tokoh masyarakat setempat yang memilih jalur mediasi dalam menyelesaikan masalah ini. Mereka tidak main hakim sendiri dan menyerahkan kasus ini ke Polsek Muntilan.
     Dalam acara mediasi ini hadir perwakilan perangkat Desa asal pelaku, LBH (Lembaga Bantuan Hukum), Beberapa Tokoh Masyarakat, dan Perwakilan Group Facebook Kota Muntilan. Juga Polsek Muntilan sebagai mediator.
    Arif Tohir perwakilan dari pelaku menyampaikan ucapan maaf kepada masyarakat atas perilaku keduanya.  “Atas nama wakil keluarga atas kesalahan anak anak saya mohon maaf ,dan dari pihak keluarga akan bertanggung jawab mengecet ulang lokasi-lokasi yang di coret-coret anak mereka,” kata dia.
     Kanit Sabhara IPDA Saefudin mengapresiasi langkah rekan-rekan Grup FB Kota Muntilan yang memilih jalur mediasi salam menyelesaikan kasus ini. Hal ini sangat membantu untuk menciptakan iklim sejuk di Kecamatan Muntilan.
       Dalam mediasi it disepakati, kedua pelaku bersedia untuk mengecat kembali tembok bangunan yang sudah dicorat coret, mereka juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama.
      Selain itu, mereka mendapat pembinaan oleh Ormas Islam untuk belajar membaca Al Quran / mengaji ditempat Ustadz Ulhadi Dusun Jumbleng Desa Tamanagung Kec. Muntilan. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here