Pemkab Magelang Bertekad Perbanyak Rumah Sakit, ini Alasannya

0
62
KESEHATAN : PJ Sekda Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana saat menyambut kedatangan Komisi IX DPR RI dan membicarakan terkait Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit di Kabupaten Magelang (1/11)--(Foto--Istimewa)
KESEHATAN : PJ Sekda Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana saat menyambut kedatangan Komisi IX DPR RI dan membicarakan terkait Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit di Kabupaten Magelang (1/11)--(Foto--Istimewa)

BNews—MUNGKID— Pemkab Magelang optimis akan perbanyak Rumah Sakit tipe B di wilayahnya. Hal ini diungkapkan oleh Pj Sekretaris Daerah, Endra Endah Wacana, saat menerima kunjungan kerja Komisi lX DPR RI, di Ruang Bina Karya, Kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (1/11/2018).

 

“Sejauh ini di Kabupaten Magelang baru memiliki satu Rumah Sakit Tipe C yakni di Muntilan dan 29 Puskesmas di 21 Kecamatan,” ungkap Endra Wacana.

 

Perlu diketahui Pemkab Magelang berupaya membangun Rumah Sakit tipe B di Blondo Mungkid yang saat ini sedang berjalan pembangunannya, dan akan membangun Rumah Sakit tipe D di Salaman serta Rumah Sakit tipe B di Grabag. “Semua itu udah kami programkan tahun ini dan tahun depan, semoga segera terealisasi tanpa hambatan,” imbuhnya.

 

Endra juga menjelaskan bahwa dengan  tersedianya rumah sakit-rumah sakit di beberapa titik wilayah Kabupaten Magelang ini nantinya juga akan sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang cepat dan dekat. “Artinya nantinya masyarakat di Kabupaten Magelang ini tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sampai ke Yogyakarta ataupun ke Semarang,” jelasnya.

 

Terkait dibidang BPJS Kesehatan, sebanyak 73% masyarakat Kabupaten Magelang sudah memilikinya pada tahun 2018 ini, dan masih 27 % masyarakat belum memiliki atau bergabung dengan BPJS. “Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat atau pola pikir masyarakat terkait BPJS sehingga belum bergabung,” papar Endra Wacana.

 

Sementara Pimpinan rombongan DPR RI sekaligus Wakil Ketua Komisi lX DPR RI, Ichsan Firdaus, mengatakan bahwa, kunjungan kerja ini hampir diikuti oleh setengah anggota Komisi lX. “Kami berharap kunjungan kerja ini dapat menyerap aspirasi rekan-rekan dari Kabupaten Magelang di bidang kesehatan, khususnya dari Kepala Dinas Kesehatan dan tenaga kerja,” katanya.

 

Ditambahkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, mengatakan bahwa, target kesehatan di Kabupaten Magelang saat ini adalah menurunkan angka kematian Ibu dan balita, serta gizi buruk (stunting). “Maka program kami memiliki target untuk menurunkan angka stunting tersebut, dan juga menekan angka kematian ibu,” ujar Retno. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here