Pencuri Kotak Amal ini Babak Belur Setelah Kepergok Warga Salam

0
254
KRIMINAL : Tersangka Pencuri dengan inisial KD, 54 babak belur dihamiki massa di Mantingan Kecamatan Salam (26/9)--(Foto--Istimewa)
KRIMINAL : Tersangka Pencuri dengan inisial KD, 54 babak belur dihamiki massa di Mantingan Kecamatan Salam (26/9)--(Foto--Istimewa)

BNews—SALAM— Seorang pencuri kotak amal kepergok warga dan menjadi bulan-bulanan warga siang tadi (26/9). Tersangka dengan inisial KD, 54 warga asal Temanggung ini babak belur setelah dihakimi warga Dusun Mantingan Desa Mantingan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang.

 

KD, 54 kepergok saat melancarkan aksinya mengambil uang di sebuah kotak amal di komplek Makam KR Syahid Mantingan Salam. “Menurut keterangan saksi kepada petugas kami, tersangka mengambil uang dala kotak amal dengan cara menggunakan alat berupa satu batang Lidi Pohon Aren panjang 65 cm yang pada pangkalnya dililit getah pohon nangka, kemudian alat tersebut dimasukkan kedalam lubang kotak setelah uang menempel pada getah tersebut lalu ditarik keatas lalu uang diambil,” ungkap Kapolsek Salam AKP Maryadi.

 

Namun apes saat melakukan aksinya KD sudah kepergok salah satu warga. “Warga tersebut langsung memanggil warga lain untuk mengamankan pencuri tersebut, namun warga sempat menghadiahi bogem mentah beberapa kali kepada tersangka,” imbuhnya.

 

Petugas Polsek Salam Polres Magelang yang mendapat laporan kejadian tersebut langsung meluncur ke lokasi. “Petugas langsung mengamankan pencuri dengan inisial KD, 54 tersebut yang sehari-hari bekerja sebagai buruh lepas untuk dibawa ke mako Polsek Salam,” paparnya.

 

Dalam kasus ini petugas mengamankan barang bukti berupa sebatang lidi dari aren yang dipergunakan oleh tersangka untuk mencuri serta uang sejumlah Rp.142.000 yang berhasil ditarik pencuri dari kotak amal. “Kotak amal juga kita amankan terlebih dahulu untuk barang bukti, dimana dalam kotak amal terdapat uang Rp. 2.600.000 yang belum berhasil diambil tersangka,” imbuh Kapolsek Salam.

 

“Dari keterangan tersangka, dia melakukan aksi nekat ini karena terdesak kebutuhan yang cukup tinggi,” terangnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatanya tersangka kami kenai pasal 362 KUHP, dan kini masih kami amankan di Rutan Polsek Salam. “Dengan kejadian ini saya harapkan menjadi sebuah pelajaran bagi pengelola lokasi khususnya untuk lebih memantau, dan pada umumnya semua tempat yang memilik kotak amal ini juga harus dipantau kalau perlu dipasang CCTV,” pungkasnya. (bsn)

 

KLIK : VIDEO SAAT PENCURI KOTAK AMAL DIAMANKAN WARGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here