Peringati HUT Mungkid 30 RIbu Ikan Ditebar di Sejumlah Sungai

0
50

BNews–MUNGKID– Sedikitnya 30 ribu ekor benih ikan ditebar di sejumlah sungai di Kabupaten Magelang dalam rangka peringatan HUT Kota Mungkid ke 33, pagi tadi. Penebaran ikan dipusatkan di Sungai Elo sembari arung jeram oleh para pejabat.
Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Ir Sri Hartini dalam laporannya mengatakan, penebaran ikan tidak hanya dilakukan di Sungai Elo, tapi di Sungai Mangu, Progo dan Sungai Pandan yang mengalir di Kecamatan Mungkid, Sawangan, Tempuran, Bandongan, Srumbung dan Secang. “Sebanyak 30 ribu benih ikan itu, terdiri dari benih ikan Beong, Tawes, Karper dan Nilem,” katanya.
Selain penebaran benih ikan, kata Sri, kegiatan pelestarian sumber daya hayati perairan ini juga dilakukan pembinaan kelompok pengawas masyarajat (pokwasmas). “Pembinaan ini tujuannya agar masyarakat ikut menjaga dan peduli aktif terhadap kelestarian sumber daya hayati perikanan umum,” pungkasnya.
Dalam sambutannya, Bupati Magelang yang diwakili Asisten II, drs Eko Triyono mengatakan, wilayahnya memiliki potensi pemenuhan kebutuhan ikan cukup tinggi. Selain karena memiliki luas kolam budidaya perikanan sebesar 273,2 ha, minapadi 2.807,8 ha, tapi juga memiliki perairan umum seluas 479 ha. “Dari luasan itu, produksi perikanan budidaya tahun 2016 mencapai 17.483,12 ton dan perikanan tangkap sebesar 288,96 ton,” katanya.
Namun begitu, lanjutnya, potensi yang dimiliki tersebut belum bisa tergarap secara optimal dan untuk perikanan tangkap diperairan umum menghadapi kendala dengan semakin menurunnya populasi ikan endemik sungai. Menurunnya populasi itu, karena praktek-praktek penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan, seperti racun, bom dan setrum.
“Dalam kesempatan ini, kami minta semua pihak untuk mendukung upaya-uoaya pemberantasan pratek-praktek penangkapan ikan yang mengancam kelestarian ikan tersebut,” pintanya.
Disampaikan juga, jika tingkat konsumsi ikan diwilayahnya baru mencapai 15,05 kg/kapita/tahun. Namun angka itu masih rendah dibanding tingkat konsumsi ikan nasional sebesar 43,88 kg/kapita/tahun.”Ini menjadi tantangan kita bersama untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan tersebut, minimal menyamai atau bahkan melebihi. Kita sudah mulai dengan gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan), ini yang harus kita dukung bersama,” harapnya. (bsn/bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here