Keren, Pelajar Ini Dirikan Perpus Jalanan Ajak Masyarakat Membaca

0
872
INSPIRATIF MEMBACA : Galih membuka perpustakaan jalanannya tiap minggu di Lapangan Pastoran Kecamatan Muntilan. (Foto : Risdiyanto Aris)
INSPIRATIF MEMBACA : Galih membuka perpustakaan jalanannya tiap minggu di Lapangan Pastoran Kecamatan Muntilan. (Foto : Risdiyanto Aris)

BNews–MUNGKID– Kisah inspiratif datang dari seorang remaja asal Desa/Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Dia mendirikan perpustakaan jalanan untuk mengajak masyarakat gemar membaca .

Galih, sapaan akrab remaja itu. Umurnya 18 tahun, tapi semangatnya melampaui usianya. Dia masih berstatus pelajarĀ  SMK Sanjaya Muntilan.

Tiap minggu pagi, perpustakannya dia buka di Lapangan Pemda Magelang Pasturan Muntilan. Bukan perpustakaan yang istimewa. Dia hanya memajang koleksi buku-buku yang di atas tikar.

Dia membawa buku buknya itu dari rumah. Sendirian, dengan mengendarai sepeda motor.

Untuk menandai aktifitasnya, dia membuat benner kecil. Disana ditulis Perpustakaan Jalanan Muntilan. “Baca Gratis Seperti Udara Yang Kau Hirup Pagi ini,” tulisnya di benner kecil itu.

Ya, setiap Minggu dia memanfaatkan keramaian lapangan itu untuk mengkampanyekan gemar membaca. Dia tak sungkan menawarkan buku bacaannya kepada masyarakat dan juga anak anak. “Motivasi saya hanya ingiĀ  mengajak masyarakat gemar membaca,” kata Galih.

Dia melihat budaya membaca di kalangan masyarakat makin hilang. Hal itu membuat masyarakat mudah mempercayai informasi yang tak akurat di media sosial. “Sebelum kita terjun ke media sosial harusnya kita memiliki literasi dulu yang kuat supaya tidak mudah menerima informasi yang beredar mentah-mentah,” kata dia.

Galih kini baru mempunyai koleksi 200 buku. Bekas semua. Tidak ada yang baru. “Ini (buku) sumbangan dari teman teman yang peduli,” kata Galih.

Harapannya dia ingin memiliki lebih banyak buku. Supaya perpustakaan jalanan yang dia rintis memiliki koleksi yang lebih lengkap. “Biar lebih semangat mengajak masyarakat membaca,” papar dia.

Ah, semoga semangatmu menular. Semangat…Galih. (ris)

 

Baca Juga Kisah Inspiratif Lainnya Di Magelang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here