Persiapan Pemilu KPU Kabupaten Magelang Gelar Pelipatan Jutaan Surat Suara

0
204
PEMILU : Proses pelipatan SUSU Pemilu 2019 terus di kebut (2/3)--(foto--Istimewa)
PEMILU : Proses pelipatan SUSU Pemilu 2019 terus di kebut (2/3)--(foto--Istimewa)

BNews—KOTA MUNGKID—Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden 2019 tidak lama lagi akan segera berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang sudah mulai melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara (SuSu).

 

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin mengatakan, terdapat delapan gudang logistik KPU. Diantaranya GOR Gemilang Komplek Setda Pemkab Magelang, Balai Desa di Kecamatan Mertoyudan seperti di Deyangan, Mertoyudan, Pasuruan, Donorojo, Banyurojo. Kemudian di Kecamatan Muntilan seperti di Keji dan rumah makan Cinta Rasa.

 

”Dari delapan gudang baru dua gudang yang melaksanakan pelipatan surat suara yaitu gudang GOR Gemilang dan Balai Desa Deyangan,” ujar Afiffuddin.

 

Dikatakan Afif, jadwal pelipatan surat suara telah berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Maka dari itu, wajar apabila enam gudang lainnya belum melakukan pelipatan surat suara.

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan penyortiran dan pelipatan kertas suara di Gudang Logistik GOR Gemilang dilakukan 25 Februari hingga 5 Maret. Sedang di Gudang Balai Desa Deyangan mulai 25 Februari sampai 2 Maret.

 

”Kemudian jadwal untuk gudang logistik KPU lainnya dimulai setelah memasuki bulan Maret,” jelasnya.

 

Jumlah surat suara yang dilipat di Gudang Balai Desa Deyangan sebanyak 1.008.657 surat suara DPR RI dengan tenaga 165 pelipat. Sedangkan di Gudang penyimpanan GOR Gemilang sejumlah 1.008.657 surat suara DPD dan 190.498 surat suara untuk DPRD Kabupaten Magelang Dapil I dengan 150 tenaga pelipat.

 

”Jumlah itu sudah termasuk cadangan kertas surat suara sebanyak dua persen,” ujarnya.

 

Saat hari pertama pelipatan dilakukan, KPU telah menemukan kertas surat suara yang rusak. Seperti potongan tidak simetris, ada bercak, ngeblok, gambar kabur hingga warna pudar.

 

”Untuk jumlah belum kami hitung. Nantinya setelah didata dan dibuatkan berita acara, akan dimintakan ganti,” tutur Afiffuddin.

 

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan selama proses sortir dan pelipatan surat suara, pihak kepolisian melakukan screening dengan menggunakan metal detector. Selain itu, seluruh tenaga pelipat yang masuk ke gudang wajib menunjukkan id card.

 

”Hal ini dilakukan agar gudang benar-benar steril dari orang yang tidak berkepentingan,” pungkasnya. (magang1/han/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.