Peserta Live In Terpesona Tinggal Di Lereng Merapi

0
540
Live in : Peserta live in saat bermain di area persawahan dan bermain lumpur (12/1)--(Foto--bsn)
Live in : Peserta live in saat bermain di area persawahan dan bermain lumpur (12/1)--(Foto--bsn)

BNews-DUKUN— Sebanyak 159 siswa SMP Mardi Yuwana Depok Jawa Barat melaksanakan live In di lereng merapi. Mulai tanggal 9-12 Januari 2018 mereka tinggal bersama masyarakat di desa wisata Sumber Kecamatan Dukun Magelang.

 

Mereka tinggal bersama warga Sumber dan menjadi anak angkat selama empat hari. Kegiatan ala pedesaan mereka ikuti bersama orang tua angkat mereka mulai dari berkebun, bersawah, mencari rumput, membuat kerajinan dan banyak lagi.

 

Kegiatan live In ini bertemakan “My Story My History” dimana kegiatan ini dirancang dengan melakukan suatu kunjungan menyenangkan dan tinggal untuk beberapa waktu di Desa Sumber. Pada live in siswa siswi akan mendapatkan pengalaman melihat, mengalami langsung kehidupan didaerah pedesaan sebagai wawasan baru untuk refensi pengembangan diri.

 

Sekertaris Desa Sumber Eko Kalisno menerangkan bahwa kegiatan ini sering dilakukan di Desa Sumber dan pesertanya berbeda-beda dari berbagai latar belakang dan daerah.”Bahkan dulu sempat dari luar negeri juga banyak yang melakukan kegiatan ini di desa kami untuk belajar bersama warga desa selama berhari-hari dan rombongan,”katanya.

Live in : Peserta live in saat bermain di area persawahan dan bermain lumpur (12/1)--(Foto--bsn)
Live in : Peserta live in saat bermain di area persawahan dan bermain lumpur (12/1)–(Foto–bsn)

Eko menambahkan bahwa banyak agenda kegiatan yang mereka lakukan yakni mulai kegiatan bersama keluarga yang ditinggali, Malam Refleksi, Belajar ketrampilan , Praktik Tanam Padi, Jelajah alam, Latihan kesenian tradisional, Malam Apresiasi dan Makan bersama keluarga.”Pada malam terakhir atau perpisahan para peserta live mementaskan hasil belajar keseniannya secara bergantian sekaligus berbaur dengan masyarakat desa,”imbuh Eko.

 

Dipihak lain Ketua Pokdarwis Desa Sumber Slamet Riyadi meneceritakan bahwa Desa Wisata Sumber tidak hanya mengangkat sisi keindahan alam serta tradisi budayanya, namun yang terpenting adalah bagaimana masyarakat Desa Sumber menanggapi tamu dengan hati.” Tamu atau Peserta Live In adalah bagian dari keluarga meskipun meraka belum pernah bertemu sebelumnya karena pada hakekatnya setiap orang di dunia ini adalah bersaudara,” katanya.

 

“Saya berharap dengan kunjungan atau Live In di Desa Sumber masyarakat Desa Sumber semakin luas pandangan hidupnya serta meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dan bagi murid peserta live in mereka diharapkan mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru yang berguna bagi pengembangan diri,”pungkasnya. (bsn)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here