Polda Jateng Akan Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Erupsi Merapi di Dukun

0
98
PELATIHAN: Waka Polda Jateng Kombes Pol Ahmad Lutfi saat menyemakan tanda peserta pelatihan penanggulangan bencana erupsi merapi siang tadi (26/11)--(Foto--Istimewa)
PELATIHAN: Waka Polda Jateng Kombes Pol Ahmad Lutfi saat menyemakan tanda peserta pelatihan penanggulangan bencana erupsi merapi siang tadi (26/11)--(Foto--Istimewa)

BNews—MUNGKID—Polda Jateng akan menggelar pelatihan penanggulangan bencana alam erupsi merapi di Kabupaten Magelang. Hal ini disampaikan saat pembukaan kegiatan tersebut di Gedung Bhayangkara Polres Magelang siang tadi oleh Waka Polda Jateng Kombes Pol Ahmad Lutfi (26/11)

 

 

“Hal ini guna meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan personil Polri serta meningkatkan sinergitas antar instansi terkait dalam mengantisipasi bencana,” ungkap Waka Polda Jateng Kombes Pol Ahmad Lutfi.

 

Kegiatan ini akan diikuti oleh  anggota gabungan baik Polri, TNI,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah, SAR Kab, Satpol PP, PMI dan Tagana dalam menanggulangi bencana alam erupsi dari Gunung Merapi. “Kegiatan kita resmi buka hari ini, untuk praktek teknis dan simulasi akan di laksanakan mulai besok 27-28 November 2018 di Lapangan Desa Dukun Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dengan diikuti kurang lebih 400 personil,” imbuhnya.

 

Lutfi juga menambahkan jangan dianggap kegiatan yang biasa-biasa saja, ini sangat penting sekali. “Karena kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang di dalamnya terdapat gunung berapi yang masih aktif, Tentunya akan banyak bencana alam terkait dengan longsor, banjir, dan juga erupsi gunung berapi itu sendiri,” tambahnya.

 

Dari latar belakang inilah Polda Jawa Tengah berikut stakeholder yang ada melakukan kegiatan pelatihan terkait dengan bencana alam yang kita miliki. “Kami berharap rekan-rekan dapat berlatih dengan sungguh,” harapnya.

 

Kegiatan pembukaan pelatihan ini juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang, yang di wakili oleh Asisten 3 Administrasi Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana, Kepala Unit BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan.

 

“Saya juga tekankan musim hujan sudah tiba, kita juga harus siap dengan segala SOP maupun rencana konstigensi terkait penanganan ancaman bencana alam yang bisa terjadi,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here