Prosesi Pernikahan Tembakau di Windusari, ini Tujuannya

0
118
EVENT : Agus Merapi saat sedang melakukan thetaerikal ritualpernikahan tembakau di tengah Sendang Piwakan Genito Kecamatan Windusari Magelang siang tadi (13/11)--(Foto--Istimewa)
EVENT : Agus Merapi saat sedang melakukan thetaerikal ritualpernikahan tembakau di tengah Sendang Piwakan Genito Kecamatan Windusari Magelang siang tadi (13/11)--(Foto--Istimewa)

BNews—WINDUSARI— Upacara adat Pernikahan Tembakau ke-7 diselenggarakan di Sendang Piwakan Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang siang tadi (13/11). Event rutin tahunan ini dgelar  dengan tujuan ucap syukur atas panen tembakau dan kedepan harapan masyarakat dapat memanen tembakau lebih melimpah.

 

Acara ritual dimulai oleh seorang budayawan Agus Merapi. Doa dan ritual theaterikal diperagakan di tengah-tengah sendang tersebut.

 

Agus merapi mengungkapkan bahwa dirinya  sambil membawa dua tanaman tembakau yang akan dinikahkan, dengan harapan akan membawa kesuburan tanaman tembakau di Desa Genito. “Untuk tembakau yang dinikahkan sendiri, kami percaya adalah tembakau laki-laki, yakni tembakau Kyai Pulung Soto, dan tembakau perempuan, yakni tembakau Nyai Srintil,” katanya.

 

Sementara Kepala Desa Genito, Trasmantyo, mengatakan bahwa kegiatan upacara pernikahan tembakau tersebut sudah dilaksanakan sebanyak 7 kali berturut turut selama 7 tahaun ini.

 

“Mayoritas masyarakat disini merupakan petani tembakau, dan event ini sebagai simbol atau wujud syukur masyarakat di Desa Genito terhadap panen yang diperoleh dan berharap hasil panen kedepan semakin baik,” katanya.

 

Dia juga menjelaskan terkait harga jual tembakau pada musim panen kemarin terbilang cukup tinggi. “Untuk harga tembakau di Desa Genito saat ini bisa mencapai Rp 75.000 per kilonya, dan hasil produksi tembakau di tahun 2018 ini masyarakat disini mengalami peningkatan yang cukup baik,” imbuhnya.

 

“Tahun ini cukup bagus karena cuaca kemarin sangat bersahabat, sedangkan pada tahun 2017 kemarin sempat anjlok dikarena didominasi hujan,”pungkasnya.(bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here