Puluhan Memedi Sawah Dikirab ke Candi Ngawen

0
263
FCN 4: Salah satu memedi sawah yang dikirab oleh masyarakat Desa Ngawen menuju ke Candi Ngawen pagi ini (29/9)--(Foto--bsn)
FCN 4: Salah satu memedi sawah yang dikirab oleh masyarakat Desa Ngawen menuju ke Candi Ngawen pagi ini (29/9)--(Foto--bsn)

BNews—MUNTILAN—Rangkaian Festival Candi Ngawen ke 4 mulai digelar hari ini (29/9). Kirab Budaya, Memedi Sawah, Ritual Sego Wiwit dan Andong Hias memulai acara ini sepanjang jalan Sriwedari ke Candi Ngawen Desa Ngawen Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

 

Puluhan nasi wiwit beraneka kreasi dan memedi sawah diarak oleh masyarakat Desa Ngawen menuju Pelataran Candi Ngawen yang menjadi salah satu daya tarik di Desa Wisata Ngawen. “Kenapa ritual wiwitan tetap kita gelar dalam event ke empat ini, karena ini memang ciri khas masyarakat kami yang masih mempertahankan tradisi leluhur dimana setiap kali akan panen raya akan dilakukan wiwitan di lahan persawahan mereka,” ungkan Kepala Desa Ngawen, Daru Apsari Ratnawati.

 

“Tradisi ritual nasi wiwit ini juga melihat sebanyak 70 % masyarakat Desa Ngawen berprofesi menjadi petani, tradisi atau ritual setiap kali akan panen dimana para petani berdoa bersama mengucap syukur atas berkah yang diberikan Sang Maha Kuasa dan berharap panen berikutnya lebih meilmpah. Maka dari itu kita implemetasikan ke Festival Candi Ngawen ini,” imbuhnya.

 

FCN 4 : Mulai dari pelajar PAUD dan guru pembimbingan hingga pelajar yang sekolahannya berada di Desa Ngawen ikut berpartisipasi dalam Festival Candi Ngawen ke 4 (29/9)--(Foto--bsn)
FCN 4 : Mulai dari pelajar PAUD dan guru pembimbingan hingga pelajar yang sekolahannya berada di Desa Ngawen ikut berpartisipasi dalam Festival Candi Ngawen ke 4 (29/9)–(Foto–bsn)

 

Sedangkan kirab memedi sawah (Red: Orang-orangan Sawah) ini, Daru Apsari juga menjelaskan karena tidak jauh dari masyarakat Ngawen yang petani. “Karena di lahan pertanian daerah Ngawen ini memang banyak hama tanaman padi, yakni burung yang suka memakan biji biji padi milik petani sehingga mereka pasti membuat memedi sawah untuk mengusir burung,” jelasnya.

 

Agenda rutin tahunan ini juga sudah masuk ke kalender event Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang sehingga selalu dilaksanakan tiap tahunnya.”Acara Festival Candi Ngawen ke 4 ini akan berlangsung dengan berbagai kegiatan dan pertunjukan,” tandasnya.

 

Dalam event kali ini masyarakat maupun wisatawan yang hadir akan disuguhi selain kirab budaya ini, mereka akan disuguhi pentas kesenian masyarakat Magelang pada sabtu siang dan Minggu pagi hingga sore. Sedangkan untuk Malam Minggunya akan di pentaskan Nightcoustik dengan special penampian Mansavoice, Articulastic dan Ozzon Band, dimana rencana akan dihadiri Bupati Magelang Zaenal Arifin sekaligus membuka rangkaian acara tersebut. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here