Raih Banyak Medali, Atlet Disabilitas Dianaktirikan

0
49

BNews–MUNGKID– Berbagai medali emas perak maupun perunggu kerap ditorehkan atlet-atlet paralympic asal Kabupaten Magelang. Namun, sejauh ini, para atlet yang menyandang cacat itu mengaku tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.
Siang tadi (3/4) mereka beraudiensi di Gedung DPRD Kabupaten Magelang. Mereka langsung ditemui oleh Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto bersama perwakilan KONI, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga serta Dinas Sosial.
Sekretaris NPC Kabupaten Magelang, Mugiyanto mengaku jika pihaknya sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Pemkab Magelang melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, namun belum ada realisasi.
“Karena sudah beberapa kali dan belum ada realisasi, kami minta dewan untuk audensi ini. Terus terang kami sudah kehabisan akal mau bagaimana lagi. Padahal ada dua atlit kami yang dipanggil untuk pelatnas menghadapi ASEAN Para Games di Malaysia Agustus mendatang. Sebelumnya, empat atlit kami juga telah mempersembahkan 3 emas, 1 perak dan empat perunggu pada Peparnas di Bandung 2016 kemarin,” katanya.
Selain belum mendapatkan anggaran, pihaknya mengaku juga kesulitan tempat berlatih. “Fasilitas di GOR Gemilang belum ada. Di tempat-tempat olah raga lain seperti kolam renang, atletik juga belum ada. Padahal ada beberapa atlit kami di cabor renang, atletik, bolling, sepak bola, yang potensial mendapatkan medali. Kami mohon kedepan, diadakan agar kami juga bisa berlatih,” pintanya.
Menanggapi persoalan ini, Ketua DPRD Kabupaten Magelang langsung menyelesaikannya. “Persoalannya simpel. Dinas bisa tidak menganggarkan untuk rekan-rekan  disablitas ini ?” tanya Saryan kepada  Kabid Kepemudaan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Hery Yusuf yang hadir dalam audiensi tersebut.
“Bisa, pak,” kata Hery menjawab pertanyaan tersebut.
“Selesaikan. Kalau bisa dianggarkan kenapa tidak sejak dulu mereka difasilitasi dan diberikan anggaran untuk pembinaan. Prestasi mereka membawa Kabupaten Magelang di kancah Nasional sangat besar,” kata Saryan.
Saryan mengaku pihaknya akan membantu di proses pembahasan APBD Perubahan 2017. Sehingga, kebutuhan yang belum didapatkan bisa segera didapatkan. “Besok harus dipastikan ada anggaran untuk mereka dan kita bantu di badan anggaran,” tegasnya. (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here