Relawan Didorong Memiliki Spesialisasi Khusus

0
99

BNews–DUKUN– Semangat gotong royong dan saling menolong ditunjukkan masyarakat saat terjadi bencana. Hal ini mendorong Gubernur Ganjar Pranowo untuk menyiapkan sistem supaya para relawan memiliki spesialisasi sehingga kegiatan penanganan bencana lebih terorganisir lebih baik.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo di saat berpidato di hadapan ribuan relawan kemanusian di HUT Tagana Sulvatara ke 11 di Lapangan Dukun Kabupaten Magelang, kemarin. “Jadi nanti seperti Pramuka itu. Ada spesialisasi dan kecakapan khusus,” kata Gubernur Ganjar Pranowo di saat berpidato di hadapan ribuan relawan kemanusian di HUT Tagana Sulvatara ke 11 di Lapangan Dukun Kabupaten Magelang, kemarin.

Relawan ini, katanya, akan dipetakan sesuai potensinya masing-masing. Seperti potensi menangani bencana kecelakaan udara, di hutan, bencana, petugas dapur umum dan lain sebagainya.
“Keterampilan pemutakhiran jadi penting, Juga untuk mencatatakan klasifikasi tiap tiap relawan ini seperti apa. Tugasnya apa saja,” katanya.

Sementara itu, dalam apel tersebut diikuti 1300 relawan Tagana dan relawan dari berbagai komunitas lainnya. Mereka berasal dari 35 Kabupaten Kota se Jawa Tengah, sebagian Yogyakarta dan Jawa Timur.

Ketua Penyelenggara Tanto Heryanto selain dalam rangka ulang tahun Tagana Sulfatara acara ini juga untuk menjalin tali silaturohmi dan jaringan lebih luas. “Relawan yang hadir juga akan melaksanakan Bakti Sosial berupa penanaman pohom, pelepasan bibit ikan, program kali bersih serta memberikan edukasi soal pemahaman soal kebencanaan kepada masyarakat langsung dengan masuk ke dusun dusun di kawasan Desa Dukun,” katanya. (bsn/bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here