Romo Diarak Naik Kereta Traktor di Minggu Palma Merapi

1
80

      BNews – DUKUN- Dalam rangkaian menyambut Hari Paskah Umat Katholik Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang mengikuti prosesi Minggu Palma di Gereja Gubung Selo Merapi Lor Senowo hari ini (9/4). Acara ini di selanggarakan dengan arak-arakan umat katholik dengan memadukan agama dan seni budaya.
      Rangkaian dimulai saat ratusan umat Katholik menggunakan pakaian jawa berjalan dengan iringan-iringan pujian yang dipadu dengan musik jawa berjalan sepanjang 1 km dari Dusun Kajangkoso sampai ke Gubung Selo Merapi. Paling unik Romo diarak menaiki traktor yang dimodifikasi layaknya kereeta.
      Acara khas petani Lereng Merapi ini begitu kuat. Setiap umat juga membawa daun pohon palem sebagai simbol kemenangan.
    Tidak hanya umat Katolik setempat, prosesi juga ddiiikuti siswa-siswi SMA Tarsissius dari Jakarta yang sedang Live In di Grogol Mangunsoka. mereka ikut memeriahkan acara ini dengan menggendong boneka. Rombongan yang menggunakan caping dan balutan kait jarit jawa ini mengesankan budaya jawa yang juga kental di wilayah Kecamatan Dukun ini.
Tri Atmoko salah satu panitia menerangkan kalau Minggu Palma ini mengisahkan perjalanan Yesus masuk ke Yerusalem yang diarak oleh umat-umatnya dulunya. “Dari kepercayaan itu acara ini kami porsesikan arak-arakan ini dengan mengarak Pendeta Rama Bagas Kurnia yang kami naikan Traktor bukan kuda seperti Yesus dulunya karena ingin menunjukan kalau masyarakat sekitar sini yang pekerjaanya sebagai petani,” katanya.
Minggu Palma ini juga awal perjalanan Yesus ke Yerusalem sebelum kegiatan Kamis Putih pada 13 April ini serta Jumat Agung 13 April sebelum hari Paskah yang jatuh pada tanggal 16 April 2017. (bsn/bn1)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here