Rumah di Salaman Terbelah Akibat Tanah Bergerak

0
557
LONGSOR: RUMAH MILIK SUPARMAN TERBELAH DENGAN BERGESERNYA DINDING RUMAHNYA AKIBAT PERGESERAN TANAH (31/1)--(FOTO--ISTIMEWA)
LONGSOR: RUMAH MILIK SUPARMAN TERBELAH DENGAN BERGESERNYA DINDING RUMAHNYA AKIBAT PERGESERAN TANAH (31/1)--(FOTO--ISTIMEWA)

BNews—SALAMAN—Akibat curah hujan tinggi selama tiga hari di wilayah Salaman mengakibatkan tebing longsor di daerah Dusun Kalisat Desa Paripurno, Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang (31/1). Bukan hanya itu ada rumah salah satu warga terbelah karena pergeseran tanah.

 

Rumah milik Suparman, 70 yang dihuni tiga orang jiwa ini bergeser tembok rumahnya. “Hal ini terjadi karena pergeseran tanah akibat longsor melintas tepat dibelakang rumahnya,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto pada rilsnya(1/2).

 

“Kejadian tanah longsor pada tebing sendiri terjadi Rabu siang (31/1) sekitar pukul 12.00 wib, dengan tebing setinggi 50 meter dan panjang 20 meter,” imbuhnya.

 

Dinding rumah Suparman sendiri terbelah terkena dampaknya dengan kerusakan retak dan bergesernya  dinding belakang rumah.”Untuk jarak rumah dengan tebing yang longsor ± 5 meter, dengan Panjang retakan 20 meter, lebar retakan 20 – 30 cm dan hingga saat ini masih ada pergerakan tanah,” paparnya.

 

“Kami sarankan bagi pemilik rumah untuk sementara pindah ketempat yang lebih aman dikarenakan tanah masih bergerak dan dikhawatirkan longsor susulan akan terjadi jika curah hujan tinggi di kawasan ini,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here