Sah, Bandongan Jadi Wilayah Polres Kota Magelang

         BNews–MAGELANG– Perluasan wilayah Hukum Polres Magelang Kota akhirnya selesai. Mabes Polri menyatakan bahwa Kecamatan Bandongan bakal masuk wilayah hukum Polres Magelang Kota.
         “Sudah resmi. Tinggal menunggu suratnya turun saja,” kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Edi Purwanto.
        Sehingga, lanjut dia, Polres Magelang Kota akan memiliki empat polsek. Sehingga tidak akan diturunkan statusnya.
       “Tiga tahun terakhir ini, pembahasan terkait penambahan polsek telah berjalan, baru tahun ini rencana itu mendapat restu dari Mabes Polri,” kata dia.
         “Kalau Polres Magelang Kota yang hanya punya tiga polsek, belum bisa dikatakan aman dari ancaman likuidasi, karena standarnya minimal empat. Ini yang terjadi, sehingga internalnya secara struktural kami akui masih lemah,” lanjut Edi.
       Rencana perluasan merujuk pada Peraturan Kapolri 23/2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Polres dan Polsek serta Surat dari Kapolri No B/2106/VI/2012/srena tertanggal 27 Juni 2012 perihal Penataan Wilayah Hukum Polres dan Status/Tipologi Polsek.
       Lebih lanjut, dia menjelaskan, penambahan wilayah hukum tersebut hanya mengubah sisi pelaporan penanganan, tindakan peristiwa kriminal, pelayanan kepolisian, dan pengurusan SKCK saja. Jika sebelumnya ditangani oleh Polres Magelang, kini, yang menangani adalah Polres Magelang Kota.
         ”Yang berubah hanya sistem hukumnya, seperti penanganan tindak kriminal serta pengurusan SKCK. Kalau soal permohonan SIM, STNK, dan BPKB serta yang menyangkut PAD tidak ada perubahan. Tetap di Polres Magelang. Termasuk juga, pelimpahan berkas perkara tetap ke Kejaksaan Negeri Mungkid,” paparnya.
         Sementara itu, Kapolres Magelang, AKBP Zain Dwi Nugroho menuturkan, pihaknya sangat setuju adanya penambahan wilayah hukum kepada Polres Magelang Kota. ”Eman-eman, kalau Polres Magelang Kota yang potensinya bagus, harus jadi korban likuidasi. Prinsipnya saya sutuju, untuk organisasi maupun pelayanan kepolisian di Polsek Bandongan bergabung dengan Polres Magelang Kota,” ucapnya. (ie)


error: Content is protected !!