Sampah Meluber di Borobudur Berasal dari Masyarakat Umum

0
469
SAMPAH :Borobudur Darurat Sampah karena masyrakat yang asal membuang sampah (18/11)--(Foto--Istimewa)
SAMPAH :Borobudur Darurat Sampah karena masyrakat yang asal membuang sampah (18/11)--(Foto--Istimewa)

BNews–BOROBUDUR – Sampah yang menumpuk di pagar Candi Borobudur menuai kritik. Sampah tersebut diduga berasal dari masyarakat umum bukan wisatawan maupun pedagang di Borobudur.

 

Sekertaris Kecamatan Borobudur Subiyanto mengatakan untuk kasus di Jl Medang Kamulan Borobudur memang banyak meluber hingga di jalan. “Sebenarnya beberapa tempat pembuangan tersebut diperuntukan khusus warga kampung yang berada di sebelah utara komplek candi, namun banyak masyarakat umum ikut membuang ditempat tersebut” katanya.

Menurut Subiyanto tempat sampah tersebut selalu rutin dibersihkan oleh petugas setiap paginya. “Sudah rutin dibersihkan setiap pagi, tapi setelah dibersihkan dan diangkut, ada warga lain membuang disitu, sehingga masih tetap ada  dan kesannya tidak dibersihkan oleh petugas,” imbuhnya.

“Kami telah koordinasi dengan dinas terkait termasuk PT Taman Wisata Candi Borobudur untuk membahas permasalahan ini karena hal ini tentunya tidak etis didaerah kawasan wisata bertaraf Internasional ini,” terangnya.

Lokasi pembuangan sampah tersebut memang terlalu terbuka bahkan dekat dengan lokasi wisata Candi Borobudur.”Besok rencana kami akan membuat tempat pembuangan khusus warga ditempat tersembunyi dan jauh dari akses jalur wisata sehingga yang bisa memanfaatkannya hanya warga sekitar tidak untuk umum,” tegas Subiyanto.

Sebenarnya beberapa desa di Borobudur sudah memiliki sistem pengelolahan sampah yang benar sehingga tidak membuangnya ke desa lain.”Seperti Desa Karangrejo dan Giritengah sudah berjalan sistemnya dengan dipilah ditempat sesuai jenisnya dan warga desa tidak perlu membuang sendiri-sendiri hingga keluar desa,” ujarnya.

“Meskipun demikian belum semua desa, maka hal tersebut perlu digiatkan,” pungkasnya. (bsn)

 

BERITA VIRAL TERKAIT : MIRIS SAMPAH MENUMPUK DI KAWASAN BOROBUDUR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here