Serunya Acara Meditation Walk Laku Wayang di Borobudur

0
81
WAYANG : Peringati Hari Wayang Sedunia Anak-anak dan Pelajar adakan kirab Wayang ke Candi Borobudur (25/11)--(Foto--Istimewa)
WAYANG : Peringati Hari Wayang Sedunia Anak-anak dan Pelajar adakan kirab Wayang ke Candi Borobudur (25/11)--(Foto--Istimewa)

BNews–BOROBUDUR– Dalam rangka Hari Wayang Sedunia ratusan anak lakukan kirab wayang (25/11). Dengan berbusana Jawa dan wayang orang mereka membawa wayang kulit menuju induk stupa Candi Borobudur.

 

Dengan mengangkat tema Meditation Walk, ‘Laku Wayang’ yang melambangkan Prosesi lampah hening itu merupakan upaya menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya tradisi warisan leluhur kepada anak-anak.

 

“Wayang tidak hanya sebuah pagelaran tradisi, dalam pagelaran wayang juga terkandung nilai religi, edukasi dan sosial tradisi adiluhung yang harus diperkenalkan kepada anak-anak sejak dini,” ungkap salah satu budayawan dan penari Borobudur, Eko Sunyoto.

 

Hal tersebut juga guna untuk memperkenalkan wayang ke anak-anak. “Bulan November kini menjadi bulan dari Hari Wayang setelah UNESCO menetapkan wayang sebagai Intangible Heritage pada 7 November 2003 silam,” imbuhnya.

 

Ratusan anak-anak, siswa dari berbagai sekolah dan sanggar kesenian yang ada di wilayah Magelang ikut dilibatkan. “Untuk rute kirab sendiri mulai dari Museum Wayang di Pondok Tingal Borobudur dan berjalan menuju tempat Candi Borobudur untuk menuju stupa induk dengan jarak kurang lebih tiga kilometer,” paparnya.

 

Sebelum peserta berjalan mereka melakukan meditasi hening yang selanjutnya dikenalkan beberapa jenis wayang di museum dan pemutaran film dokumenter sejarah wayang. “Untuk puncak acara akan digelar pementasan wayang bertajuk ‘Melik Gendong Lali’ di Museum Wayang Pondok Tingal pada 30 November 2018 mendatang,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here