Tanaman Bonsai Darti Bisa Tembus Rp 35 Juta

0
236

BNews–MUNGKID– Bisnis jual beli tanaman hias masih cukup potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Magelang. Bisa dilihat di sepanjang Sanden Blabak Kecamatan Mungkid Jalan Magelang-Jogjakarta, di sana banyak pengusaha sektor ini.
Salah satu pengusaha tanaman hias ini adalah Darti (61) warga Senden,Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Dia sudah berbisnis sejak 15 tahun silam. “Sejak dulu memang keluarga saya bapak ibu juga berjualan tanaman hias,” katanya ketika ditemui borobudurnews, siang ini.
Berbagai tanaman hias dia sediakan di lahan yang dikelolanya. Ada juga jenis kacang-kacangan,buah-buahan,dan beraneka macam tanaman hias yang cocok untuk di tanam di halaman rumah.
Dan berbagai jenis tanaman, katanya, tanaman hias paling diminati. Kebnanyakan konsumennya juga berasal dari luar daerah Kabupaten Magelang.
Ada juga jenis tanaman hias bonsai. “Bonsai juga salah satu yang banyak diminati,selain indah bentuknya ukurannya juga kecil sehingga tidak memakan ruangan jika mau di taruh di halaman,teras ataupun dalam rumah,untuk harga mulai dari Rp 300,000,- sampai Rp 35.000.000 juta,” katanya.
Harga ini, katanya disesuaikan dengan bentuk dan ukuran bonsai. Semakin unik dan bentuknya menarik maka semakin mahal harganya.
Dia juga mengaku sering ikut kontes tanaman hias di berbagai daerah. Beberapa kali dia juara. hias. “Dari seringnya ikut kontes-kontes seperti itu secara tidak langsung juga membantu pemasaran,sampai juga kita mengirim tanaman hias sampai ke pulau irian,” tuturnya.
Namun, selain aktif berjualan, dia juga mengaku kerap terlibat dalam kegiatan konservasi lingkungan. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here