Tarian Kidung Karmawibangga Sambut Wisatawan di Candi Borobudur

0
155
WISATA : Salah satu pertunjukan pentas tari di Taman Lumbini Candi Borobudur menyambut wisatawan (25/12)--(Foto--Istimewa)
WISATA : Salah satu pertunjukan pentas tari di Taman Lumbini Candi Borobudur menyambut wisatawan (25/12)--(Foto--Istimewa)

BNews–BOROBUDUR– Wisatawan Di Candi Borobudur Kabupaten Magelang mendapat kejutan saat mendekati kawasan candi pagi tadi (25/12). Pasalnya ratusan penari menunjukan aksinya dihadapan para wisatawan yang hadir.

Tarian Kidung Karmawibangga dipentaskan sangat menarik sehingga memukau para pengunjung. Kesenian tari ini sendiri merupakan visualisasi relief Karmawibangga dilantai pertama Candi Borobudur.

“Kidung Karmawibangga menceritakan konflik dan cinta dimasa kerajaan Jawa tahun 700 Masehi,” ungkap Budayawan Brayat Panangkaran Borobudur Sucoro.

Para penari yang notabenenya merupakan seniman asli Magelang ini tampil secara kolosal di Taman Lumbini persis di samping jalur menuju arah Candi Borobudur. Secara tidak langsung para wisatawan pasti akan berhenti terlebih dahulu menyaksikan pementasan tersebut.

“Tari kolosal ini merupakan kolaborasi kesenian rakyat dari Kabupaten Magelang dan Temanggung seperti tari kuda lumping, topeng buto, gedruk bocah dan lainnya,” imbuh Coro.

Tarian kolosal ini juga merupakan perjalanan spiritual para petani asal lereng Gunung Sumbing Kabupaten Magelang. “Dalam Kidung Karmawibangga terdapat pesan moral tentang kebersamaan, kekuatan dan kerukunan. Kita menari bersama meski dengan latar belakang berbeda,” paparnya.

Sementara General Manager Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengungkapkan, bahwa Pagelaran Kidung Karmawibangga ini sengaja digelar oleh oleh pihak taman Wisata Candi Boribudur (TWC). “Tujuannya selain sebagai hiburan diharapkan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan di masa libur kali ini,” katanya.

Terkait masa libur panjang kali ini pihak TWCB menargetkan wisatawan untuk datang ke Candi Borobudur. “Kami menargetkan 480.000 orang wisatawan Nusantara untuk datang kesini pada musim liburan ini,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here