The Gade Village PT Penggadaian (Persero) Diresmikan Di Lereng Menoreh

0
205
BALKONDES; Dirut PT Penggadaian Persero dan Staffsus II Menteri BUMN saat melakukan conferensi perss di The Gade Village atau Balkondes Ngargogondo Kecamatan Borobudur Magelang (3/9)--(Foto--bsn)
BALKONDES; Dirut PT Penggadaian Persero dan Staffsus II Menteri BUMN saat melakukan conferensi perss di The Gade Village atau Balkondes Ngargogondo Kecamatan Borobudur Magelang (3/9)--(Foto--bsn)

BNews–BOROBUDUR—The Gade Village diresmikan hari ini di Desa Ngargogondo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang (3/9). Lokasi ini juga bisa disebut Balkondes Ngargogondo karena merupakan program BUMN untuk mengdukung wisata di kawasan Obyek Wisata Internasional Candi Borobudur.

 

Kali ini PT Penggadaian (Persero) menjadi pendorong berdirinya Balkondes ke 17 di Desa Desa Kawasan Candi Borobudur oleh BUMN.  Hal ini menjadi salah satu kepedulian social PT Penggadaian untuk meningkatkan kualitas pelayanan desa wisata yang berstandar Internasional untuk mendukung kawasan wisata Candi Borobudur dan meningkatkan wisatawan yang hadir.

 

Kenapa Balkondes Ngargogondo ini dinamin The Gade Village, Direktur Utama PT Penggadaian Sunarso mengungkapkan bahwa nick name Gade merupakan nama lain penggadaian yang terkesan lebih muda. “Meskipun umur salah satu perusahaan BUMN sudah mencapai 117 tahun, namun PT Penggadaian bukan semakin tua namun semakin muda dengan berbagai gebrakan program dan kemajuan untuk bangsa ini,”katanya saat melakukan Conferensi Pers siang ini (3/9).

 

Perlu diketahui pembangunan The Gade Village atau Balkondes Ngargogondo ini terbilang paling cepat prosesnya. Meskipun bisa terbilang belakangan dalam pembangunannya karena ini merupakan Balkondes ke 17 dari 20 Balkondes yang akan dibuat oleh perusahaan-perusahaan BUMN, tetapi proses pembangunan tempat ini sekaligus segala fasilitas hingga delapan homestay ini memakan waktu cuman dua bulan.

 

“Bulan Juni 2018 lalu saya kesini untuk survey lokasi dan berdiskusi dengan masyarakat Ngargogondo bersama Kepala Desa Ngragogonod dan Camat Borobudur, dan saya tergetnkan Agustus selesai. Ternyata benar awal September ini bisa diresmikan,” imbuhnya.

 

Lokasi yang sangat indah dengan view pemandangan langsung perbukitan menorah ini menjadi nilai lebih The Gade Village ini.

 

“Selain pemandangan tersebut, Kami dari PT Penggadaian juga memasukan dalam program Bersih-Bersih kami. Kami memilik program bersing lingkungan, bersih administarasi dan bersih Hati, untuk di Balkondes Ngargogondo atau The Gade Village ini akan dimasukan dalam Program Bersih Bersih administrasi dimana kami akan lakukan pendampingan terhadap UMKM dengan mulai menata agar lebih tertata dan rapi,” paparnya.

 

“Lokasi ini akan menjadi display hasil UMKM masyarakat sekitar selain menjadi pusat kegiatan masyarakat juga akan menjadi spot event menarik kedepannya,” tegasnya.

 

Sementara turut hadir Staff Khusus II Menteri BUMN, Judith Jubiliana Nabarro Dipodiputro mengungkapkan apresiasinya dengan terselainya lokasi ini secara cepat. “Dengan keberadaan lokasi ini tentunya akan menambah daya dorong kami BUMN untuk terus menjadi agen pembangunan Bangsa,” katanya.

 

Pada Bulan September ini BUMN juga akan mendukung kegiatan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan se Indonesia dan Sidang Umum ICW ke-35 di Yogyakarta. “Nanti dalam kegiatan tersebut ada rangkaian kegiatan yang akan digelar seluruh Balkondes di Borobudur secara serentak, dimana peserta kegiatan tersebut akan datang ke Balkondes termasuk di The Gade Village ini,” imbuhnya.

 

Kegiatan ini berlanjut dengan pentas seni topeng ireng dari Desa setempat serta Festival Layang-Layang di lapangan Ngargogondo yang tepat bersebalahan dengan The Gade Village sore harinya. Sedangkan malamnya sekaligus peresmian lokasi ini dengan pementasan wayang kulit semalam suntuk dengan lakok wisanggeni krido. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here