Kenalkan Komunitas Unik Magelang Pecinta Mobil Mini

0
757
DIECAST : Komunitas penggemar mobil mini magelang ini cukup unik dan seru untuk diketahui (2/12)--( Foto- istimewa)
DIECAST : Komunitas penggemar mobil mini magelang ini cukup unik dan seru untuk diketahui (2/12)--( Foto- istimewa)

BNews-MAGELANG— Sebuah komunitas unik di Magelang ini menarik untuk dilihat karena bergelut dengan mobil mini. Pasalnya sekumpulan orang-orang dewasa bermain mobil-mobilan mini dimana lazimnya dimainkan oleh anak-anak.

 

Komunitas Forum Pecinta Miniatur & Diecast (Forpimda) Magelang ini memiliki hobi sama yakni mengoleksi miniature mobil. Ini bukan asal miniatur mobil tapi mobil mainan ini disebut diecast yang memiliki harga tidak murah.

Agus Akhsin salah satu anggota Forpimda menerangkan bahwa kebanyakan penggemar miniatur mobil ini orang dengan berpenghasilan.”Selain harganya yang cukup mahal, detail dan tinggkat kelangkaan yang membuat mobil mainan menjadi koleksi kami bukan dimainkan seperti anak kecil pada umumnya,” katanya.

Untuk koleksi miniatur mobil ini untuk ukuran terbesar biasanya mereka gunakan untuk pajangan dengan background tertentu.”Nanti setelah dipajang kita akan mulai hunting foto sehingga terlihat atau terkesan seperti mobil asli pada hasil fotonya,”imbuhnya.

Ada juga model miniatur mobil diecast dengan jenis atau merk Hotwheels yang bisa dipergunakan untuk balapan di sirkuit buatan.”Kalau mobil mini Hotwheelss  tergolong langka dipasaran, yang tidak dimainkan bahkan tidak dibuka dari bungkusnya,” ungkap Agus.

Komunitas ini selama ini berkomunikasi dan memamerkan koleksinya dan hasil foto-fotonya melalui jejaring social media. Ada sebuah group Facebook khusus diberi nama Forum Pecinta Miniatur & Diecast (Forpimda) Magelang yang sudah beranggotakan 2,5 ribu.

DIECAST : Komunitas penggemar mobil mini magelang ini cukup unik dan seru untuk diketahui (2/12)--( Foto- istimewa)
DIECAST : Komunitas penggemar mobil mini magelang ini cukup unik dan seru untuk diketahui (2/12)–( Foto- istimewa)

“Selain berkomunikasi melalui jejaring social tersebut terkadang kita juga megadakan kopdar untuk saling memamerkan koleksi mobilnya dan saling bersilaturahmi,” terangya.

Diecast sendiri adalah miniatur berdasarkan skala, mayoritas berbentuk mobil meskipun banyak juga yang berbentuk kendaraan perang, pesawat, kapal, truck, kendaraan alat berat kereta api dan lain-lain. Untuk menekuni hoby miniatur diecast termasuk gampang-gampang sulit, terutama untuk mengkoleksi barang yang langka.

“Sulitnya adalah ketika ingin mengkoleksi barang yang kita suka tetapi barang tersebut terbilang langka dipasaran tentunya harus merogoh kocek dalam, sebab harganya bisa ratusan ribu hingga jutaan Rupiah,” papar Agus.

Anggota lain Aditya Yuanendra Riztian sendiri bergabung dalam komunitas Diecast ini dengan membawa koleksinya minatur truk dengan container dimana harganya per unit bisa dibandrol Rp 3 juta.”Kepuasan tersendiri mengkoleksi miniatur diecast, tidak hanya sebatas mempunyai banyak koleksi langka, tetapi juga memodifiksi dalam hal ini disebut sebagai custom diecast menjadi miniatur yang bentuknya dapat disesuaikan dengan keinginan, tentunya harganya lebih mahal dibanding dengan harga dipasaran,”pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga :

BERITA GENZ MODEL MAGELANG

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here