Wanurejo Night Market Dihadiri Wisatawan Asing

0
87
WISATA : Tarian Kinara Kinari unggulan Desa Wanurejo menutup rangkaian Acara Wanurejo Nigth Market di pelataran Candi Pawon (3/11)--(Foto--Han)
WISATA : Tarian Kinara Kinari unggulan Desa Wanurejo menutup rangkaian Acara Wanurejo Nigth Market di pelataran Candi Pawon (3/11)--(Foto--Han)

BNews– BOROBUDUR– Ada yang tampak berbeda di komplek Candi Pawon Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Magelang malam ini (3/11). Pasalnya ada event menarik sejak sore tadi yakni Wanurejo Night Market yang mengundang wisatawan lokal maupun manca negara datang.

Acara diselenggarakan oleh Mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dari Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung Studi Industri Perjalanan, Studi Akomodasi dan Katering, Studi destinasi pariwisata berkerja sama dengan pemuda dan masyarakat Wanurejo. Rangkaian acara mulai dari Kirab Budaya Omah Budur, pentas kesenian dan stand stand kuliner jadul potensi Desa Wanurejo.

Kelompok ini melakukan pengabdian Sejak 16 Oktober hingga 10 November 2018 mendatang. “Acara ini merupakan pilot project bagaimana menghidupkan wisata malam di daerah Borobudur,” ungkap Ketua Panitia Dea Meirizha Putri, 21 kepada Borobudur News.

Mereka membawa program dalam PPM ini adalah Unique Selling Point. ” Program ini sebenarnya untuk mengangkat hal hal yang unik di Wanurejo yang kita konsep menjadi sebuah atraksi malam sehingga wisata malam disini mulai hidup,” imbuh mahasiswi cantik ini.

Mereka melakukan riset selama disini terkait wisata malamnya, dan ternyata hasilnya masih sepi.

“Sebenarnya beberapa fasilitas dan stakeholder holder terkait sudah mendukung adanya wisata malam di kawasan Borobudur, namun mungkin dari segi konsep dan perhatian masyarakat masih kurang memperhatikan,” paparnya.

Sebanyak 11 orang mahasiswa mahasiswi dari STP Bandung ini mengkonsep tempat acara berlatar belakangkan Candi Pawon sehingga terlihat unik dan menarik dalam Wanurejo night Market ini.

“Selain untuk promosi Candi Pawon juga ingin menghidupkan nuansa malam disini,” jelasnya.

“Saya berharap acara ini bukan pertama dan terakhir, namun bisa berlanjut kedepannya dijadikan agenda rutin oleh pihak terkait,” tandasnya.

Rangkaian acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso ini dilaksanakan sore tadi. “Saya sangat apresiasi program dari kelompok PPM dari STP Bandung bersama masyarakat Wanurejo, semoga ini menjadi awal wisata malam di kawasan Borobudur hidup,” katanya.

Ada yang unik juga disini, karena terdapat setra coffe luwak pawon khas Magelang. Dimana disini tertulis silahkan ngopi sepuasnya bayar seikhlasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here