Warga Blokir Akses Menuju Pabrik Kayu

0
76

BNews–SALAM– Warga Dusun Keron dan Dusun Mantingan Desa Mantingan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang memblokir jalan mauk menuju Pabrik PT Kayulima di wilayahnya. Warga meminta kompensasi  keberadaan pabrik tersebut mengingat selama ini warga tidak mendapatkan apapun.
Penutupan akses jalan ini dilakukan oleh warga sejak dua hari lalu. Polisi yang mengetahui hal itu kemudian melakukan mediasi.
Kapolsek Salam AKP MAryadi bersama sejumlah Muspida kemudian memfasilitasi pertemuan warga dengan pihak pabrik. Dalam mediasi tersebut, perwakilan dusun menuntut kompensasi lingkungan kepada pabrik tersebut.
Kapolsek salam AKP Maryadi mengatakan warga meminta pabrik memberikan kompensasi kepada kedua dusun tersbeut satu kali gaji karyawan setiap bulannya. Juga melakukan perbaikan jalan yang rusak dan memasang lampu penerangan jalan.
Tuntutan ini disampaikan lantaran selama ini, truk pengangkut kayu yang melewati dusun mereka merusak jalan. Apalagi, jalan tersbeut dibangun swadaya warga.
Fatonah, perwakilan PT Kayulima mengatakan pihaknya belum bisa memutuskan permintaan dari warga. Dia akan mengkonsultasikan lebih dahulu dengan pimpinan lainnya. “Kami belum memutuskan dan merealisasikan tuntutan warga serta masih perlu dilaporkan kepada pimpinan pabrik ,” Ungkap Fathonah perwakilan dari pihak pabrik.
Menanggapi hal itu, warga menyatakan bersikeras tetap akan menutup jalan tersbeut. “Akses jalan yang di tutup warga ini nantinya hanya untuk akses jalan kendaraan kecil, dan jalan ini akan kita tutup sampai menunggu kejelasan dari pihak pabrik ,” kata warga. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here