Warga Gruduk Aksi Penambangan Alat Berat di Muntilan

0
204
TAMBANG : Petugas kepolisian Polsek Muntilan saat berjaga mengamankan alat berat saat warga mengerudug lokasi tambang liar (22/12)--(Foto--Istimewa)
TAMBANG : Petugas kepolisian Polsek Muntilan saat berjaga mengamankan alat berat saat warga mengerudug lokasi tambang liar (22/12)--(Foto--Istimewa)

BNews—MUNTILAN—Puluhan warga Dusun Drojokan Desa Adikarto Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang gerudug alat berat jenis bego di pinggir alur sungai pabelan sabtu kemarin (22/12). Pasalnya alat berat mengeruk pasir di lahan sawah milik warga Drojokan.

 

Sejatinya alat berat tersebut bekerja pada sebuah proyek pembangunan sabo di sungai pabelan. “Namun dari keterangan salah satu warga kepada kami bahwa alat berat tersebut mengeruk pasir di salah satu lahan persawahan milik warga Drojokan,” ungkap Kanit Raskim Polsek Muntilan, Iptu Bunyamin (25/12).

 

Awal mulanya salah satu warga pada jumat 22 Desember 2018 sekitar pukul 12.00 wib sudah mengingatkan operator alat berat untuk tidak mengeruk pasir di lahan persawahan warga tersebut dan sudah berhenti. “Namun dari informasi yang kami dapat alat berat tersebut beroperasi kembali melakukan pengerukan pada pukul 18.00 wib dan warga mengetahuinya,” imbuhnya.

 

Mulai dari situlah puluhan warga beramai ramai mendatangi alat berat tersebut yang tidak sedang bekerja di proyek tersebut namun mengeruk di salah satu lahan persawahan warga. “Mereka meminta operator alat berat untuk menghentikan aksinya tersebut, petugas Polsek Muntilan Polres Magelang yang tiba dilokasi langsung membawa operator alat berat dan pengawas untuk dilakukan mediasi dengan warga” paparnya.

 

Mediasi dilakukan di salah satu rumah di Dusun Drojokan dengan disaksikan oleh petugas. “Dari hasil mediasi tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Warga minta alat berat tidak lagi beroperasi mengeruk pasir di sawah milik warga dusun drojokan dan pihak dari operator alat berat dan pengawas tidak akan lagi mengeruk pasir  milik warga tersebut,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.