Warga Srumbung Blokir Akses Jalan Penambangan Alat Berat

0
110

BNews–SRUMBUNG– Aktifitas penambangan ilegal kembali bermasalah dengan warga. Kali ini terjadi di Dusun Jrakah Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung.
       Puluhan warga menggelar aksi dan menutup akses jalan menuju lpkasi penambangan, sore tadi (28/2). Warga merasa terganggu aktifitas penambangan alat berat dan truk muatan yang merusak jalan.
      Blokade dilakukan dengan cara menebang lima batang pohon mahoni dan ambruk melintang jalan, serta menumpuk lima truk blantak (batu dan pasir) limbah penambangan. Aksi warga itu dikawal aparat Polsek Srumbung, serta anggota TNI dari Koramil Srumbung.
“Deru suara truk yang lalu lalang di Dusun Jrakah, Desa Kaliurang, sangat menganggu warga. Karena siang dan malam yang lewat sampai 650 truk. Akibatnya, jalan menjadi rusak,” kata Mukri, tokoh masyarakat Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.
      Menurut dia, di lereng Merapi terdapat aktivitas penambangan pasir dengan mengoperasikan delapan unit alat berat. Truk yang mengangkut pasir dan blantak itu, keluar-masuk melalui Jrakah.
      “Penambangan pasir dengan alat berat, mengakibatkan berkurangnya  sumber mata air bagi penduduk Kaliurang,” katanya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here