Waspada Wabah Rubella Merebak

0
85


BNews- MUNGKID – Maraknya wabah penyakit RUBELLA (Sindroma Rubella Kongenital) yang menyebar di Indonesia pihak  Dinas Kesehatan,Kabupaten Magelang,akan segera melakuakn sosialisasi Imunisasi Measle Rubella. Nantinya imunisasi massal akan segera dilaksanakan untuk memutus rantai penyebaran virus campak dan Rubella ini.
  
Dwi Susetyo Seksi Survailans Dan Penanggulangan KLB dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang menjelaskan sosialisasi ini sebagai langkah awal pengetahuan soal wabah nasional ini. “ Sosialisasi ini bermaksud agar masyarakat paham dan mampu melindungi serta menjamin anak akan penyebaran virus ini, sosialisasi akan terus gencar kita giatkan mulai saat ini,” katanya.
Wabah seperti ini mampu menular melalui sistem pernafasan, karena virus yang menyebabkan Campak dan Rubella sangat mudah menyebar melalui udara. Untuk penyakit Campak menyebabkan komplikasi yang serius, seperti diare, radang paru-paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian. Sedangkan untuk penyakit Rubella sendiri biasanya merupakan penyakit ringan pada anak, tetapi dampaknya sangat fatal apabila sampai menular kepada ibu hamil di trimester pertama.
“ Dan sangat dikhawatirkan jika virus Rubella ini menular pada ibu hamil pada trimester pertama, dapat menyebabkan keguguran bahkan kecacatan pada bayi yang dilahirkan,” imbuhnya.
Rencana sosialisasi dan pemberian imunisasi massal akan virus campak dan Rumbella ini Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang akan melaksanakan selama Bulan Agustus-September 2017 melalui jajaran kesehatan sampai tingkat posyandu. “ Imunisasi akan kami gencarkan dua bulan tersebut serampak juga dilakukan di seluruh wilayah di Pulau Jawa,” terangnya.
Untuk Kabupaten Magelang sendiri nantinya akan ada 372 desa,dan 29 Puskesmas yang akan melaksanakan sosialisasi,dengan total sasaran anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun yang akan diberikan imunisasi MR sejumlah 293.907 anak. (BSN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here