Wisatawan AS ini Kagum Ritual Kali Progo

0
93

BNews–MUNGKID– Puluhan seniman menggelar ritual tolak balak di jembatan Kali Progo Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, kemarin. Ritual yang dipimpn oleh Agus Merapi itu menyampaikan pesan untuk melesatarikan sungai dari kerusakan.
Sejumlah turis mancanegara yang kebetulan lewat jalan tersebut, sengaja berhenti untuk melihat. Beberapa diantaranya bahkan mengabadikan momen tersebut, melalui kameranya. Tak sedikit dari mereka, minta foto bersama Agus Merapi, pimpinan ritual.
Natazha Bali, seorang turis mancanegara dari USA mengaku senang melihat ritual seniman diatas Jembatan Progo tersebut. Diakui, jika dirinya tengah berwisata dengan ayahnya ke Candi Borobudur dan akan ke Candi Selogriyo. Secara kebetulan, ditengah jalan ia melihat kegiatan tersebut. Ia pun berhenti dan mengabadikan momen langka tersebut.
Puncak ritual ditutup dengan membuang sesaji ke Kali Progo. Setelah sebelumnya dilakuakan doa bersama.
“Sungai adalah pusat peradaban dan pusat kehidupan. Magelang memiliki banyak sungai yang tentu harus bisa mensejahterakan masyarakatnya,” kata Agus Merapi.
Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Ahmad Husein mengatakan melalui kegiatan ini dia berharap masyarakat bisa lebih menjaga ekosistem sungai. (bn1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here