Yuk ke Candimulyo, Bazar Durian Sudah Dimulai

0
737
Bazar Durian : Pengunjung sedang memilih durian pagi tadi (17/12)--(Foto--bsn)
Bazar Durian : Pengunjung sedang memilih durian pagi tadi (17/12)--(Foto--bsn)

BNews—CANDIMULYO— Pemuda Desa Tegalsari Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang menggelar bazar durian dan UMKM di lapangan desa hari ini. Para pecinta durian direkomendasikan untuk datang hari ini (17/12).

 

Puluhan stand Durian dan UMKM memenuhi tengah lapangan dengan panggung utama di depannya. Ratusan durian dengan berbagai ukuran disajikan kepada para pengunjung.

Salah satu perwakilan panitia Brigita Rima Enggaring Tyas Wijaya Adi, 38 mengatakan bahwa acara ini merupakan program lanjutan dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).”Dalam event ini ada dua program yakni meningkatkan potensi desa dan kesenian yang masuk dalam Program Pemuda Mandiri Membangun Desa,”katanya.

Bazar ini juga untuk merubah pola pikir masyarakat Desa Tegalsari dimana sebenarnya durian candimulyo terbesar dari sini sehingga ikon Desa Durian bisa bangkit lagi.”Selama ini petani durian disini hanya menanam pohonnya namun sejak bunga sudah ditebas oleh para tengkulak sehingga saat panen harganya murah,” imbuhya.

“Kami harap para petani durian bisa mengelola atau merawat pohon duriannya sendiri hingga panen sehingga petani bisa menjual sendiri setelah panen dan pastinya itu akan berdampak kemakmuran para petani,”paparnya.

Kekompkan pemuda Tegalsari ini juga menjadi kunci utama bazaar ini berlangsung meskipun hanyak dalam waktu satu hari ini.”Acara ini memang sengaja kami adakan hanya satu hari karena melihat stok durian menipis juga menghemat tenaga,”jelas Rima.

Panen tahun ini belum bisa katakana panen raya karena durian yang siap dipanen tidak bisa berbarengan.”Ada yang sudah siap panen tetapi ada juga yang masih kecil, bisa di perkirakan setahun bisa dua kali panen dalam satu pohon,”ujarnya.

“Rencana bazaar ini akan rutin diadakan dengan melihat hasil panen dari petani langsung bukan dari tengkulang, oleh sebab itu lebih baik petani durian mengelola pohon duriannya sendiri,”pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here