23 Aplikasi Rekomendasi Untuk Rapat Online Dengan Banyak User

BNews–TEKNO– Perkembangan jaman seiring dengan meningkatnya teknologi yang dimanfaatkan manusia. Dengan hal itu banyak pekerjaan yang dipermudah dan dirasa sangat membantu.

Salah satu contoh kemudahan teknologi yang sekarang banyak digunakan adalah applikasi meeting online.

Dimana apliaksi ini memungkinkan banyak orang membahas suatu topik tanpa harus berhadapan langsung atau bertatap muka secara langsung.

Tentu ini sangat membantu sekali, karena banyak alasan mengapa sekarang orang menggunakan applikasi video conference semacam ini.

Misal saja seperti wabah virus covid-19 yang mana saat ini sedang merajalela dimana-mana, tentu saja hal ini membuat banyak orang tidak bisa berkumpul; ataupun melakukan rapat bersama-sama seperti hari-hari biasanya.

Maka dari itu banyak dari orang sekarang lebih memilih untuk menggunakan applikasi meeting online. Sehingga semua kegiatasn meeting bisa tetap berjalan meski tidak bertemu satu sama lain.

Beberapa Pilihan Applikasi Meeting Online
Loading...

Sekarang bukan hanya di luar negeri saja, karena kini hampir diseluruh belahan dunia sudah memanfaatkan internet yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas kerja kita. Jadi hanya perlu koneksi internet yang stabil, maka sudah bisa memanfaatkan beragam applikasi yang bisa di unduh melalui jejaring internet.

Untuk memudahkan kita melakukan work from home, kemungkinan besar masih mengadakan rapat perusahaan meski tidak bertemu secara langsung. Berikut beberapa jenis applikasi video conference yang bisa digunakan.

Zoom

Applikasi Zoom akan memudahkan Anda untuk melakukan panggilan dengan jumlah maksimal 25 orang untuk pengguna applikasi versi gratisnya. Kalau dilihat dari sisi kelebihan applikasi zoom ini yaitu memiliki fitur share screen alias bisa memperlihatkan layar komputer maupun laptop ke orang lain yang sedang dalam panggilan tersebut. Jadi bisa untuk menampilkan slide presentase, jurnal, buku dan lainnya sebagai materi pendukung meeting yang sedang dilakukan.

Selain itu ada juga sisi unik dari applikasi yang satu ini yaitu bisa mengganti latar belakang ketika melakukan panggilan video berlangsung dengan memanfaatkan gambar-gambar berbagai tempat seperti sawah, london, ruang angkasa, dan masih banyak gamber lainnya. Bukan hanya itu, kita juga bisa menggunakan gamabar kita sendiri sebagai latar belakang saat sedang video berlangsung.

Skype

Skype adalah sebuah applikasi jebolan produsen Microsoft yang memungkinkan 25 orang bisa bertatap muka secara langsung secara online tanpa harus bertemu yaitu hanya dalam satu panggilan saja. Applikasi ini juga bisa dengan mudah diakses melalui berbagai perangkat seperti komputer atau Pc, Smartphone, sampai televisi.

Applikasi ini mendukung panggilan video jarak jauh, percakapan berbasis teks individu maupun grup, dan panggilan telepon berbayar ke ponsel atau rumah.

GoToMeetings

Jika Anda masih bingung mau melakukan rapat di tengah pandemi yang sedang melanda ini, maka Anda bisa menggunakan applikasi GoToMeetings untuk melakukan kegiatan rapat perusahaan.

Anda bisa melakukan agenda meeting secara online di rumah saja. Selain itu applikasi ini juga mendukung berbagai fitur menarik seperti video dan share screen. Tapi applikasi ini memiliki kekurangan dari segi batas maksimal penggunanya dalam satu kali panggilan, yaitu hanya tiga orang dalam sekali panggilan sehingg applikasi ini hanya bisa digunakan untuk rapat terbatas saja.

Google Hangout

Jika Anda ingin melakukan kegiatan rapat dengan skala besar, maka applikasi meeting online yang satu ini adalah jawabannya. Applikasi Google Hangout mendukung penggunanya untuk bisa melakukan rapat dalam skala besar, yaitu bisa menampung 250 orang sekaligus dalam satu kali panggilan. Untuk fitur hampir sama seperti applikasi meeting lainnya yaitu mendukung fitur video dan share screen.

Disisi lain applikasi ini memiliki kelebihan yaitu ketika ingin mengundang orang untuk bergabung dalam video panggilan di luar anggota, maka penyelenggara hanya cukup membagikan kode ke orang tersebut dengan memasukan meeting code yang telah dibagikan oleh penyelenggara.

Teams

Applikasi Teams di produksi oleh produsen Microsoft. Teams app memiliki perbedaan dengan applikasi meeting lainnya, applikasi teams ini memungkinkan melakukan panggilan video dengan lebih banyak orang sekitar 10 ribu orang dalam satu kali panggilan saja.

Google Duo

Google Duo berbeda dengan applikasi meet, Google Duo hanya mampu melakukan panggilan dengan peserta dengan skala kecil saja. Untuk maksimal peserta dalam panggilan video yaitu 12 orang saja.

Click Meeting

Applikasi clikc meeting memungkinkan Anda untuk melakukan rapat secara online dan menjalankan kegiatan webinar. Dalam satu kali panggilan video, kalian dapat menambahkan sebanyak 25 orang. Tapi kalau ingin memutuskan mengaktifkan webinar mode, maka bisa menambahkan lebih banyak lagi orang dalam satu kali panggilan.

Jitsi Meet

Applikasi Jitsi Meet dapat melakukan video konferensi dengan sangat mudah yaitu hanya dengan mengakses website resmi Jitsi di https://jitsi.org/jitsi-meet/. Selain itu Applikasi meeting online ini sudah tersedia di perangkat Android maupun IOS. Dalam satu panggilan video applikasi ini mampu menampung sebanyak 75 orang.

UberConference

Applikasi meeting uberconference tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis untuk bisa menggunakan dan memakai layanan dari uberconference. Tapi untuk pengguna yang memakai versi gratis hanya bisa melakukan panggilan dengan sepuluh orang saja.

Anymeeting

Applikasi anymeeting merupakan applikasi meeting online yang menawarkan dua paket berbeda, paket pertama bisa digunakan oleh 10 orang dalam satu kali panggilan, sementara untuk paket kedua memungkinkan pengguna melakukan panggilan bersama dengan 30 orang lainnya dalam sekali panggilan saja.

HighFive

HighFive bisa memenuhi semua kebutuhan pertemuan online dengan sangat mudah. Bagi para pembisnis dengan skala kecil dapat menggunakan applikasi meeting ini untuk membahas rapat tanpa harus bertemu secara langsung.

Amazon Chime

Salah satu perusahaan besar yang terkenal Amazon juga mengeluarkan applikasi meeting yang bisa dilakukan secara online. Dengan menggunakan applikasi ini Anda bisa dengan mudah membagikan konten layar menggunakan Amazon Chime.

Zoho Meeting

Salah satu applikasi meeting yang memiliki fitur menarik adalah Zoho Meeting. Applikasi ini didukung dengan fitur perekam pembagian layar dan audio dari meeting yang Anda lakukan. Perangkat lunak ini juga kompatibel dengan kalender Google dan Zoho.

WhatsApp

Bukan hanya digunakans sebagai media chating saja, ternyata Applikasi WA ini bisa digunakan sebagai penunjang dalam berkomunikasi dan bisa digunakan untuk kegiatan meeting secara online.

Bagi kamu yang ingin melakukan rapat dengan skala kecil yaitu 4 orang saja, maka applikasi whatsapp ini masih memungkinkan untuk kamu gunakan.

Keuntungan Menggunakan Applikasi Meeting Online

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna applikasi meeting secara online diantaranya adalah:

  • Menghemat waktu
  • Menghemat tenaga
  • Menghemat biaya atau anggaran untuk konsumsi rapat.
  • Jauh lebih santai
  • Waktu lebih fleksibel
  • Tidak perlu berpergian untuk melakukan meeting

Pada era globalisasi seperti saat ini memang sudah sangat menyenangkan apabila bisa melakukan segala hal dari rumah tanpa harus bingung-bingung keluar rumah.

Apalagi kalau kondisinya sekarang ini, rasanya akan sangat cukup mempermudah Anda yang harus tetap melakukan pekerjaan meski hanya dari rumah saja. (*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: