38 Gereja di Magelang Dijaga Ketat TNI-Polri dan Banser

BNews—MAGELANG— Sepanjang perayaan Paskah mulai Kamis hingga Minggu (1-4/4), tidak kurang dari 38 gereja di Kota Magelang mendapatkan penjagaan ketat petugas keamanan. Meski ibadat digelar tatap muka, selama Paskah diwajibkan tetap memperhatikan protokol Kesehatan ketat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Polres Magelang Kota AKBP R Fidelis Purna Timoranto mengatakan, penjagaan dilakukan di semua gereja. Baik yang menggelar ibadat secara tatap muka maupun daring.

”Total personel keamanan yang disiapkan sebanyak 423 orang. Mereka terdiri dari 323 angggota polisi dan seratus orang lainnya dari TNI, satuan polisi pamong praja dan banser,” kata Fidelis, Kamis, (1/4), seperti dikutip Kompas.com.

Fidel mengatakan, penjagaan akan dimulai dengan sterilisasi gereja. Waktunya sejam sebelum ibadat digelar.

Sterilisasi akan melibatkan anjing pelacak dan tim penjinak bahan peledak Polda Jateng. Setelah itu, gereja akan dijaga tiga hingga lima petugas keamanan gabungan.

Selain di gereja, Polres Magelang Kota juga akan menyiapkan 73 personel yang akan terus siaga di markas. Mereka dikerahkan apabila sewaktu-waktu terjadi gangguan keamanan.

”Semuanya menjadi rangkaian penjagaan yang dilakukan sejak Senin (29/3). Selain menjaga keamanan menjelang Paskah, patroli juga dilakukan menjelang Ramadan,” jelasnya.

Walikota Magelang M Nur Aziz menyadari, terorisme masih terus berbahaya sehingga rentan mengancam kehidupan masyarakat. Namun, ia berharap hal itu tidak akan mengganggu aktivitas warganya.

Pengurus Gereja Kristen Mawar Sharon Kota Magelang, Sandro, menyadari bahaya terorisme tersebut. Namun, gereja tetap menyelenggarakan ibadat tatap muka, Jumat-Minggu.

”Sudah ada jaminan keamanan yang diberikan polisi,” terang Sandro.

Ibadat pun dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Selain pengukuran suhu, kapasitas gereja juga hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas maksimal.

Jarak antarkursi umat juga diatur, berjarak sekitar satu sampai dua meter. Durasi ibadat yang biasanya berlangsung selama dua jam bakal berjalan satu jam saja. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: