Ada 5 Gunung Di Jawa Yang Cocok Bagi Pendaki Pemula, Salah Satunya Di Magelang

BNews–WISATA-– Banyak masyarakat Indonesia yang gemar atau hobi dengan kegiatan pendakian gunung. Khususnya para remaja maupun muda-mudi yang gebar mencari spot menarik di puncak gunung.

Aktivitas ini saat ini jadi pilihan untuk menyambut liburan atau waktu senggang.

Namun perlu diingat pula bahwa aktivitas ini mengandung resiko yang cukup tinggi apabila belum memiliki pengetahuan maupun pengalaman yang cukup.

Jika anda adalah pendaki pemula atau belum pernah melakukan pendakian, alangkah baiknya jika sebelum menentukan tujuan,

Anda mempertimbangkan mencari tahu informasi tentang gunung yang akan kita daki.

Mulai dari segi kemampuan, medan, risiko dan lainnya benar-benar harus diperitungkan.

Dan ternyata di Pulau Jawa ini banyak gunung yang sering menjadi tujuan para pendaki. Baik pendaki profesional maupun pemula.

Kali ini Borobudurnews.com mencoba menyajikan beberapa gunung di Pulau Jawa yang cukup ramah untuk pendaki pemula. Berikut daftarnya :

1. Gunung Andong

Gunung ini terletak di Kabupaten Magelang, berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Berketinggian 1.726 mdpl, Gunung ini memang terlihat belum sepopuler tetangganya Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Namun, Gunung Andong sangat populer di kalangan pendaki pemula. Salah satunya karena Gunung Andong memiliki trek yang cukup ringan dan waktu tempuh menuju puncaknya cukup singkat, hanya sekitar 2 jam perjalanan.

Pemandangan di puncaknya pun sangat indah yang membuat gunung ini selalu ramai dan aman dikunjungi para pendaki, khususnya pendaki pemula.

2. Gunung Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dengan pemandangan Blue Fire yang sangat menarik minat pendaki ke gunung ini.

Selain itu, jalur dan rute pendakian gunung ini cukup lebar dan landai serta jarak tempuh menuju puncaknya yang cukup singkat, sekitar 2-3 jam perjalanan, yang membuat gunung ini cukup aman dan ramah bagi pendaki pemula.

3. Gunung Papandayan

Gunung ini terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

 Gunung ini cukup ramah bagi pendaki pemula karena memiliki trek yang cukup landai dengan waktu tempuh 4-5 jam perjalanan. Selain itu pemandangan yang indah, gunung ini memiliki banyak spot yang menarik untuk berfoto di sepanjang jalurnya.

4. Gunung Prau

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Dikutip dari wikipedia, gunung ini merupakan tapal batas antara empat kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.

 Gunung ini termasuk ramah bagi pemula karena rute pendakian yang cukup pendek dan ringan dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

 Gunung yang memiliki ketinggian 2565mdpl ini memiliki panorama yang sangat indah di puncaknya. Jika beruntung, pendaki di gunung prau bahkan dapat menikmati pemandangan golden sunrise di beberapa spot tertentu.

5. Gunung Gede

Gunung ini adalah gunung favorit bagi para pendaki pemula, yang terletak di perbatasan Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat.

 Gunung ini termasuk dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia.

Oleh karena itu, gunung yang memiliki ketinggian 2.958 mdpl ini selalu ramai dikunjungi pendaki. Selain memiliki beberapa spot seperti air terjun, air panas dan padang edelwiess dipuncak, rute pendakian gunung ini cukup mudah dan relatif ringan membuat gunung dipandang ramah bagi pendaki pemula, meski jarak tempuh menuju puncaknya sekitar 6-7 jam perjalanan.

Namun perlu diperhatikan pula bagi pendaki pemula, bahwa aktivitas mendaki gunung harus memiliki persiapan yang matang seperti latihan fisik sebelum pendakian, peralatan dan perlengkapan yang memadai, dan informasi terkait situasi maupun cuaca di gunung yang akan didaki. Hal ini sangat penting, agar pendaki gunung dimanapun selalu aman dan selamat dalam aktifitasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: