Ada Ribuan, Ini Persebaran Populasi Babi di Magelang

BNews–MUNGKID-– Jumlah populasi hewan babi di Kabupaten Magelang ternyata cukup banyak. Mereka tersebar di tujuh kecamatan dengan populasi mencapai seribu lebih ekor.

Plt Kabid Peternakan Dinnas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Ahmad Daroji mengatakan data yang tercatat pihaknya terdapat sebanyak 1809 ekor babi. “Untuk rinciannya mulai yang terbanyak di Kecamatan Ngablak 797 Ekor dan Candimulyo terdapat 540 ekor. Dengan masing masing jumlah babinya 797 ekor dan 540 ekor,” katanya (24/2/2020).

“Selanjutnya Kecamatan Borobudur 178 ekor, Dukun 124 ekor, Pakis 100 ekor, Muntilan 50 ekor dan Mertoyudan 20 ekor,” imbuhnya.

Ditanya terkait apakah pernah ada kasus penyakit yang menyerang ternak babi tersebut, Darjo menjawabnya belum pernah. “Sebenarnya terkait kesehatan ternak hewan termasuk babi menjadi wewenang  bidang kesehatan hewan,” ungkapnya.

Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan. “Pemantau lapangan tetap dilakukan oleh Dinas melalui petugas yang ada di Kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskannya juga, kebetulan ternak babi di Kabupaten Magelang tidak termasuk komuditas peternakan yang dikembangka. “Sehingga hal tersebut di Perda usaha peternakan di akomodasi, tetapi perijinan bisa melalui pusat lewat OSS,” tandasnya.

DIketahui bersama ternak babi di Magelang kebanyakan memang untuk penggemukan. Dan hasil panen atau lepas panesnya diambil pengemul dan dibawa keluar Magelang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: