IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Akhirnya Gedung UMKM di Mertoyudan Diresmikan

BNews–MERTOYUDAN– Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi biasanya terkendala dengan pemasaran produknya. Oleh sebab itu, Pemkab Magelang membuka Gedung Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Center di Kranggan, Banyurojo, Mertoyudan (18/12).

Gedung megah lantai tiga tersebut telah jadi pertengahan tahun 2019 lalu. Dengan mengahbiskan anggaran sekitar Rp 4,9 Milyar ini sudah mulai dibangun tahun 2016 lalu secara bertahab.

Kepalas Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Asfuri Musis mengatakan gedung ini terdiri dari tiga lantai dengan fungsi yang berbeda. “Untuk lantai satu ada sekitar 10 slot untuk display produk Koperasi dan UMKM yang sudah diisi oleh kluster dan komunitas UMKM di Kabupaten Magelang. Sedangkan lantai dua nantinya untuk Koperasi dan ruangan kantor, serta lantai tiga adalah aula pertemuan atau pelatihan,” katanya.

Diungkapkannya juga, nantinya aktifitas Dekranasda Kabupaten Magelang juga, “Untuk aula tentunya bisa dimanfaatkan untuk edukasi seperti pelatihan-pelatihan UMKM atau kelompok muda kreatif. Seperti pelatihan SDM dan management dalam UMKM, “ imbuhnya.

“Harapan saya generasi muda di Kabupaten Magelang juga mampu berkembang dalam bidang UMKM. Tentunya sesuai dengan visi misi Bupati Magelang mewujudkan masyarakat sejahtera dengan memiliki daya saing dan amanah,” harapnya.

Sementara Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan dengan adanya KUMKM Center ini menunjukan Pemkab Magelang memfasilitasi para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang. “Lokasi ini milik anda, maka silahkan manfaatkan sebenar-benarnya. Karena kedepan hidup matinya lokasi ini tinggal bagaimana para pelaku UMKM memanfaatkannya,” ujarnya dalam sambutannya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK ANDROID KALIAN GRATIS DAN RINGAN (KLIK DISINI)
Loading...

Disebutkannya juga, bahwa terdapat dua kluster mendukung UMKM tetao hidup dan berkembang. “Yang pertama yakni bantuan sosial ataupun modal perbankan yang sudah tersedia. Kedua dan terpenting yakni masyarakat harus mencintai produk-produk lokal,” sebutnya.

“Terakhir saya berpesan, manfaatkan benar-benar dan sebaik mungkin KUMKM Center ini,” pungkasnya.

Dalam acara Launching Gedung KUMKM Center tersebut dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati dan diberikan ke perwakilan pelaku UMKM. Dan sebanyak 30 Kelompok UMKM menerima Bansos Barang serta 74 Kelompok menerima Bansos Uang. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: