Arah Ancaman Merapi Berubah, Pengungsi di Barak Glagaharjo Sleman Kembali ke Rumah

BNews—SLEMAN— Sejumlah pengungsi dari Dusun Kalitengah Lor, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman diijinkan kembali ke rumah masing-masing. Hal ini karena arah luncuran awan panas Gunung Merapi dominan ke arah barat daya di hulu Sungai Boyong dan Krasak.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan. Dia menyebut bahwa sebelumnya warga kelompok rentan di dusun tersebut telah diungsikan ke barak pengungsian Glagaharjo usai status Gunung Merapi naik menjadi Siaga.

Kemudian, pengungsi dusun itu diperbolehkan pulang ke rumah pada 26 Januari 2021. Setelah ada rekomendasi dari BPPTKG Yogyakarta bahwa terjadi perubahan arah guguran material vulkanis Merapi yang dominan ke arah barat daya.

Namun baru sehari pulang ke rumah, warga kelompok rentan di Dusun Kalitengah Lor ini kembali diungsikan ke barak Glagaharjo.

“Sebelumnya, saat terjadi erupsi dan awan panas guguran Merapi pada 27 Januari. Sebanyak 41 warga Kalitengah Lor kembali diungsikan ke barak Glagaharjo. Namun sekarang semuanya sudah pulang ke rumah masing-masing,” katanya, Jumat (29/1/2021). Dilansir Antara.

Namun bila dalam perkembangannya nanti, kondisi di dusun tersebut dinilai tidak aman maka warga akan diungsikan kembali ke barak Glagaharjo. Lanjut Makwan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

“Semua aktivitas penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III untuk dihentikan. Kawasan Wisata di wilayah Sleman yang di tutup sementara; Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo dan Wisata Religi Turgo,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: