Arca Ganesha Raksasa Tanpa Kepala Ditemukan di Wonosobo

BNews—WONOSOBO— Sebuah patung peninggalan pra sejarah ditemukan oleh warga Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, kemarin (29/12). Patung berukuran raksasa itu ditemukan disebuah kebun kentang.

“Arca ganesha ditemukan pas warga sedang berkebun. Cangkulnya terkena bebatuan yang ternyata adalahh patung,” kata Slamet, salah satu warga.

Temuan itu kemudian dilaporkan kepada Balai Pelestari Cagar Budaya Jawa Tengah. Arca tersebut kemudian digali.

Hasilnya arca itu bisa terlihat setelah digali sedalam satu meter lebih. Arca Ganesaitu memiliki tinggi 1,5 meter dan lebar 1,2 meter. “Ini cukup besar,” kata petugas BPCB Tusar.

Sayang saatditemukan, arca itu sudah tidak utuh. Kepala dan lengannya sudah hilang, Bahkan, ada beberapa bagian yang ditemukan terpisa tak jauh dari lokasi

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Bagian kepalan tangan serta belalai bagian tengah ditemukan jugatidak jauh,” kata dia.

Pihak BPCB sendiri dimungkinkan akan melakukan penggalian lanjutan disekitar lokasi. Namun kepastian akan dilakukan penggalian lebih lanjut akan ditentukan oleh BPCB pusat.

Penemuan arca Ganesha ini mencatatkan hal baru. Arca ini merupakan arca terbesar yang pernah ditemukan di dataran tinggi Dieng. Penemuan ini merupakan yang terbesar jika dibandingkan arca yang sudah ada.  (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: