Asah Ketrampilan, 20 Penyandang Disabilitas di Kota Magelang Ikuti Latihan Kreasi Wayang Karton

BNews—MAGELANG—Dinas Sosial Kota Magelang menggelar pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas. Acara dilaksanakan di Aula Panti Asuhan Mayu Dharma Kota Magelang, 14-18 September 2020.

Kepala Dinas Sosial Kota Magelang Wulan Wahyuningsih mengatakan pelatihan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang ditujukan untuk penyandang disabilitas. Kali ini ada 20 penyandang disabilitas di Kota Magelang mengikuti pelatihan keterampilan membuat kreasi wayang karton.

Mereka terdiri dari 14 penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, 5 penyandang disabilitas intelektual dan 1 penyandang disabilitas fisik.

”Pelatihan ini rutin kami gelar sebagai upaya pemberdayaan dan meningkatkan skill penyandang disabilitas. Selain itu sebagai momentum pemulihan ekonomi di era pandemi covid-19, ” ungkap Wulan, Kamis (17/9/2020).

Dia menjelaskan, pelatihan kali ini adalah pembuatan kreasi wayang karton yang mana seni budaya asli Indonesia patut dilestarikan. ”Pelatihan ini menggunakan bahan sederhana berupa karton yang mudah didapat dan murah,” jelasnya.

Materi pelatihan diawali dengan materi motivasi penguatan bagi penyandang disabilitas dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kemudian praktek membuat wayang dari bahan karton.

Adapun pemateri pelatihan yang dihadirkan antara lain Budi Susilo dari SLB B YPPALB Kota Magelang.  Kemudian pakar seni wayang karton, Sugeng Prayitno dan Hadi Prayitno.

”Harapan kami mereka bisa mengembangkan diri dengan keterampilan yang dimiliki, minimal mereka mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan para instruktur,” ungkap Wulan.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Penyuluh Sosial Muda Dinsos Kota Magelang Dwi Ambar Pratiknyo menambahkan, program ini merupakan implementasi jejaring kerja dan kolabarosi. Antara beberapa pihak yang bergerak dalam hal pemberdayaan dan advokasi hak-hak penyandang disabilitas yang konsen terhadap hak-hak disabilitas.

”Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan tentang keterampilan kreasi daur ulang dan keterampilan bisnis berbasis digital,” imbuhnya.

Ia menyebut, pelayanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas ini senantiasa dilaksanakan Pemerintah Kota Magelang. Dalam rangka mengakomodir pemenuhan hak yang disesuaikan dengan kebutuhan.

”Harapan ke depan, pengetahuan dan skill yang diperoleh selama pelatihan dapat membantu mereka agar lebih berdaya, mandiri dan mampu melaksanakan fungsi sosial di masyarakat,” pungkasnya. (*/mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: