Bawaslu Kota Magelang Awasi Rekrutmen PPK

BNews—MAGELANG— Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kota Magelang terus mengawasi proses perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan KPU setempat. Pengawasan dilakukan hingga tahapan penerimaan PPK selesai.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Hukum dan Sengketa Bawaslu Kota Magelang, Manudin Taufik mengatakan, ada dua metode pengawasan. Langsung dan tidak langsung.

Pengawasan langsung adalah melihat secara langsung proses dari pengumuman, pendaftaran sampai pengumuman hasil seleksi. Sedang pengawasan tidak langsung yakni menganalisa terkait data-data yang ada seperti time line.

”Dan kesesuaian urutan atau tata cara  penerimaan PPK ini,” kata Manudin, Jumat (24/1).

Bawaslu juga berharap agar bisa mendapatkan akses data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dari KPU Kota Magelang. Sehingga pihaknya dapat mengecek calon anggota PPK apakah terdaftar dalam keanggotaan partai politik. Sebab, salah satu syarat PPK adalah netral.

”Kita pasti upayakan untuk tetap bisa mengecek sipol di KPU,” ujar dia.

Sejauh melakukan pengawasan, Bawaslu mengaku belum mendapat temuan dan aduan terkait proses rekrutmen anggota PPK. Namun demikian, pihaknya tetap menghimbau KPU untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

Loading...

”Tentunya juga sesuai dengan tata cara yang sudah ditetapkan,” pungkasnya. (cr1/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: