Beberapa Karya Seniman Asal Dusun Keron Magelang Merambah Pasar Afrika

BNews—MAGELANG— Seniman asal Dusun Keron, Krogowanan, Sawangan, Magelang, Sujono mengikuti pameran virtual. Yang mana diselenggarakan oleh Kareem Hybrid Trade Showcase 2021 di Afrika Selatan.

Acara tersebut berlangsung mulai 6 hingga 28 September 2021 mendatang. Dengan memamerkan berbagai produk-produk perdagangan.

Sujono mengaku, bisa berpartisipasi dalam pameran tersebut setelah dijembatani rekannya yang di Jakarta. Dia lantas memamerkan berbagai karya seni bertema serangga.

”Iya mulai dari wayang serangga, topeng saujana, hingga lukisan,” kata dia.

Dia menyebut, dirinya hanya mengirimkan foto karena pameran tersebut digelar secara virtual. Para peserta juga tidak boleh mencantumkan harga untuk setiap produk-produknya.

“Kalau ada yang berminat, langsung menghubungi pemiliknya,” ujarnya.

Sujono menjelaskan, harga untuk setiap produknya bervariasi. Seperti topeng seharga Rp 1 juta, wayang serangga Rp 2 juta, dan lukisan di atas Rp 25 juta.

”Sudah ada yang berminat pada topeng dan wayang. Namun masih proses tawar-menawar,” jelasnya.

Terkait tema serangga, kata Sujono, hal itu mengekspresikan tentang kehidupan petani. Dia merasa prihatin banyak petani bergantung pada pestisida.

“Lambat laun kan bisa merusak kita karena hasil pertaniannya mengandung pestisida juga,” tutur pemilik Sanggar Saujana ini.

“Saya berharap sedikit-sedikit kita bisa mengurangi pestisida,” sambungnya.

Dia berharap, karya tentang serangga miliknya laku dan semakin dikenal. Selain itu, dia juga berharap karyanya bisa berlanjut dan mengedukasi generasi selanjutnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: