Begini Cara Mengatasi WhatsApp Tak Bisa Kirim Gambar

BNews—TEKNOLOGI— WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer di dunia. Selain pesan teks, WhatsApp juga bisa digunakan untuk berbagi foto.

Tak jarang ada pengguna yang kesulitan untuk mengirim atau menerima gambar. Tentunya permasalahan seperti ini sangat mengganggu berbagai aktivitas yang dilakukan. Nah berikut ini cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim gambar:

1. Pastikan kamu sudah update

Jika WhatsApp tak bisa mengirim gambar, jangan panik dulu. Coba cek semuanya satu per satu dimulai dari versi aplikasi yang kamu gunakan. Umumnya, inilah yang membuat WhatsApp sulit untuk berfungsi dengan baik.

Bukalah Play Store maupun App Store dan cari “WhatsApp”. Lakukan update jika kamu melihat perintah tersebut. Setelahnya cek kembali, kamu bisa mengirim gambar atau tidak. Jika belum, lanjutkan ke cara berikutnya.

2. Cek koneksi internet

Langkah berikutnya adalah mengecek koneksi internet. Pastikan kamu memakai internet yang stabil dan bisa diandalkan. Jangan lupa, jika menggunakan mobile data, kamu harus mengizinkan WhatsApp untuk mengaksesnya.

Jika merasa perlu, kamu bisa mengecek kecepatan internet melalui beberapa situs. Di antaranya www.speedtest.net, www.fast.com, www.speedcheck.org, dan lain-lain. Jika kecepatan upload rendah, tak heran jika kamu sulit mengirim gambar.

3. Cek pengaturan tanggal dan waktu di HP

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setelan tanggal dan waktu di smartphone bisa menjadi sumber masalah pada WhatsApp. Menurut laman resmi WhatsApp, kesalahan ini akan membuat aplikasi sulit tersambung dengan server. Maka dari itu, penting untuk mengaturnya sesuai dengan waktu di lokasimu saat ini.

4. Pastikan ruang penyimpanan masih tersedia

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan WhatsApp tak bisa mengirim gambar adalah ruang penyimpanan yang terlalu penuh. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya, yaitu:

  • Hapus sejumlah file yang kamu rasa tidak diperlukan lagi;
  • Hapus chat history atau call history WhatsApp jika tidak diperlukan;
  • Hapus cache WhatsApp melalui Settings atau Pengaturan HP.

5. Cara-cara lain yang bisa kamu coba

Selain yang disebutkan di atas, ada cara lain yang bisa kamu coba. Berikut ini di antaranya:

Jika kamu menggunakan SD card, kamu bisa mengeluarkan dan memasukkannya kembali;

  • Log out dari akun WhatsApp selama beberapa saat lalu masuk kembali;
  • Restart smartphone untuk mematikan semua background app yang berjalan;
  • Uninstall dan reinstall WhatsApp dari smartphone agar data dan fiturnya diperbarui.

Sumber: idntimes.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!