Bermula Jimpitan Warga, Pemuda Dusun Ngaran Gelar Bazar Berkah Ramadhan 2021

BNews–MAGELANG– Saling berbagai dari, oleh dan untuk masyarakat ini dijalan oleh warga Dusun Ngaran II Desa Borobudur Kecamatan Magelang. Mereka menggelar Bazar Berkah Ramadhan 1442 di Masjid At-Taqwa setempat (2/4/2021).

Kegiatan yang diinisiasi Pemuda Karang Taruna setempat ini memang sudah dipersiapkan sejak lama. Dimana anggaran sudah dikumpulkan sejak lama.

Ketua Pemuda Dusun Ngaran II Borobudur,  Ady Pramuningtiyas, mengatakan, anggaran kegiatan tersebut berasal dari program jimpitan dari warga. Dimana jimpitan itu dikelola oleh pemuda dan dikembalikan kepada warga lagi.

“Nilai total 15 juta Rupiah, yang dibagi dalam 191 paket sembako. Setiap paket bernilai 70 ribu Rupiah, dan dibeli warga seharga 30 ribu Rupiah. Dengan demikian harapannya warga menjadi terbantu oleh program Bazar Berkah Ramadhan 1442 H ini,” katanya.

Dirinya juga mengungkapkan, untuk teknis dana jimpitan tersebut dikumpulkan warga setiap hari dengan besaran nilai 500 Rupiah. Dan program jimpitan ini sudah berjalan selama satu tahun ini.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dana jimpitan yang terkumpul, lanjutnya dikembalikan kepada warga dalam bentuk bazar dan dilakukan pembagian kupon agar menyebaran sembako lebih merata.

“Warga tidak keberatan dan suka rela dengan program jimpitan ini, karena warga juga bisa memberi  uang lebih untuk tabungan warga. Sedang uang pokok jimpitan hanya 500 Rupiah setiap harinya,” ungkapnya.

Dalam hal ini, katanya  juga dilakukan pemberian sembako kepada warga yang benar-benar tidak mampu.  “Kedepannya akan dilaksanakan santunan anak yatim,” imbuhnya.

Adapun di Dusun Ngaran II terdapat 200an Kepala Keluarga (KK) yang terbagi dalam empat RT. Dengan anggota pemuda sebanyak 50 anggota, yang cukup untuk mengelola dana jimpitan.

“Harapannya kedepannya bisa lebih berkembang untuk kegiatan sosial warga. Sementara ini kegiatan sosial masih bersifat intern dusun dulu,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: