BLT Rp 600 Ribu Mulai Cair dan Dibagikan ke Masyarakat

BNews–NASIONAL– Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa akibat dampak wabah virus corona sudah mulai dibagikan. Hal ini dinyatakan oleh Kementerian Desa , Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

“Pencairan BLT dana desa ini telah dilakukan oleh berbagai pemerintah daerah. Prosenya bertahap pada bulan April-Juni 2020. Setiap bulannya kepala keluarga miskin masing-masing mendapatkan Rp 600.000,” ungap Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendesa PDTT Ivanovich Agusta.

“Contohnya, Desa Lele, Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa. Nominalnya sebesar Rp 600.000 perkeluarga, kepada 60 keluarga miskin,” imbuhnya.

Selain itu, Ivanovich menyebutkan contoh lain, yaitu Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang telah menyalurkan BLT untuk 259 keluarga miskin. “Di ujung utara wilayah Indonesia, desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe telah mencairkan BLT Dana Desa tersebut. Mereka mencairkan untuk 33 keluarga miskin,” paparnya.

Lebih lanjut, penyaluran BLT harus melalui cara nontunai. Namun, Ivanovich mengatakan, tidak sedikit pemerintah daerah yang menyalurkan BLT secara langsung.

Cara pintu ke pintu , adalah salah satu cara untuk menghindari kerumunan warga. Tentunya hal ini juga mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai distribusi Covid-19,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kemendesa PDTT mengumpulkan anggaran sebesar Rp22 triliun dari pagu dana desa 2020. Hal tersebut untuk menyediakan BLT kepada 12 juta keluarga miskin di berbagai daerah.

“Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum menerima bantuan dari yang dibutuhkan Bantuan sosial lainnya,” pungkasnya. (*/ahg)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: